Youtube Bikin AI Semakin Cerdas untuk Tangkal Video Bermasalah

0
191
YouTube Originals

YouTube memang sudah menggurita. Platform video milik Google ini terus tumbuh dan menjadi semakin besar. Karena setiap orang memiliki kesempatan untuk bisa mengunggah video kapanpun dan di mana saja.

Parahnya, beberapa video kerap bermasalah dan menghadirkan clickbait dan menyesatkan para penggunanya. Untuk menangkalnya, Google pun membenamkan AI di balik layar.

Dikutip dari Ubergizmo, sebenarnya Google sudah memiliki AI yang bertugas untuk membersihkan video sampah di platform video tersebut.

Kecerdasan buatan Google itu sesungguhnya sudah hadir sejak 2015. Namun, masih dalam tahap trial n error. Barulah pada 2017, Google memakainya lebih serius. Karena ada insiden video buruk yang muncul di YouTube Kids.

WhatsApp Status Akan Jadi Tempat Potensial Menjaring Iklan

“Kami mulai menguji pengelompokan clickbait pada tahun 2015, yang kami mulai secara luas pada tahun 2016 untuk meningkatkan pengalaman pengguna. AI itu akan mencari judul atau thumbnail yang tidak sesuai dalam menggambarkan konten video atau memasukkan bahasa yang tidak pantas, di antara hal-hal lainnya,” ujar juru bicara Google.

Ke depannya, Google akan menambah fitur untuk bisa membersihkan YouTube dengan lebih baik. Tujuannya, video yang tampil akan semakin bermanfaat dan membuat pengguna berdatangan ke YouTube. Sehingga dapat menghasilkan iklan buat Google dan para konten kreator.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here