Wow, Lem Super Rekat untuk Organ Jantung Sudah Ditemukan

0
184
Lem Jantung

Penemuan terkait teknologi kedokteran berhasil diciptakan para ilmuwan di Zhejiang University, Cina. Lem berteknologi tinggi yang bisa menyembuhkan kerusakan organ secara efisien, termasuk jantung berhasil diciptakan.

Meski lem itu belum dicoba ke manusia, gel super rekat organ ini sudah dijajal untuk seekor babi. Dikutip dari Digital Trends, para ilmuwan itu sudah memakai jarum untuk menusuk lubang kecil di ventrikel kiri jantung hewan. Hasilnya, pendarahan dengan cepat berhenti dan tidak terjadi kebocoran.

Kandungan lem khusus super rekat ini terdiri dari campuran air dan polimer. Akhirnya, gel kental mirip protein diciptakan, lalu diaktifkan menggunakan sinar ultraviolet (UV).

Dan ketika bereaksi, lem mampu membentuk jaringan biologis yang mampu membuat ikatan kimia penutup luka dan melekat pada permukaan jaringan. Selaras dengan berjalannya waktu, lem berhasil menyatu pada tubuh pasien.

Hebatnya, para peneliti mengatakan bahwa belum ada produk klinis lain yang bisa dengan cepat menghentikan pendarahan jantung begitu cepat. Ke depannya, percobaan pada manusia akan direalisasikan segera.

Selain para peneliti di Zhejiang University, proyek lain juga sedang dikembangkan tim peneliti dari AS dan Australia. Tercipta jenis lem super bedah lain bernama MeTro. Ini menjadi pengganti staples atau jahitan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here