Alibaba Ajak Amazon Head to head di Pasar Global

0
67

Pemain besar e-Commerce Tiongkok, Alibaba, mulai membuka pasar lebih luas lagi. Persaingan yang sedemikian ketat memaksa sang raksasa memberi izin penjual lain di luar Tiongkok membuka lapak di platform-nya.

Menurut laporan The Financial Times, AliExpress akan membuka beberapa toko di Italia, Rusia, Spanyol dan Turki. Bahkan, mereka berencana akan berekspansi ke seluruh dunia.

AliExpress, sudah menjalankan bisnis ritel mereka dengan identitas murah. Harga casing iPhone saja dijual 49 sen (Rp 7 ribu). Sedangkan tas mewah palsu atau KW dibanderol hanya beberapa dolar Amerika.

Dikutip dari Engadget, Sebelumnya, AliExpress mencatat kenaikan penjualan hingga 94 persen di tahun lalu.

“Tahun ini adalah tahun pertama kami untuk menerapkan strategi ‘local to global’. Strategi ini ditujukan untuk menghubungkan penjual dan pembeli di seluruh dunia,” tutur Trudy Dai, presiden AliExpress.

Ekspansi global Alibaba ini bukan tanpa alasan, Amazon disasar sebagai rival yang harus di ajak berkompetisi. Terlebih, Amazon diketahui sebagai jagoan bisnis ritel terbesar di dunia.

Sementara, Amazon pun mengalami hambatan saat harus masuk ke pasar Tiongkok. Masalahnya, masyarakat Tiongkok lebih suka berbelanja di alibaba dan JD.com. Walhasil, Amazon harus tutup toko per bulan kemarin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here