Huawei Agresif, Apple dan Samsung Siap-siap Lengser

0
552

Huawei semakin agresif merangsek pasar. Vendor Tiongkok ini sangat berpotensi untuk menggeser pucuk klasemen vendor terlaris di ranah global. Bukan tidak mungkin, korporasi besar ini melewati Apple dan Samsung.

Dikutip dari laman ZDNet, data dari IDC menunjukkan bahwa performa penjualan Huawei terus tumbuh. Meskipun vendor lain sedang mengalami lesu darah di penjualan.

Fakta memperlihatkan penjualan smartphone vendor lain menurun sekitar 6,6 persen pada kuartal pertama 2019. Terlebih, jika harus dibandingkan dengan kuartal pertama tahun lalu, atau menjadi sekitar 310,8 juta unit.

Penurunan ini bukanlah kali pertama, pasalnya selama enam tahun terakhir penjualan smartphone secara global sudah mengalami kemerosotan. Bahkan, pada tahun lalu, penjualan menurun menjadi 4,1 persen. Dan Apple dilaporkan mengalami penurunan yang tajam.

“Huawei justru berfokus pada pertumbuhan perusahaan pada perangkat mobile seperti smartphone,” kata Wakil Presiden Program Worldwide Mobile Device Trackers IDC, Ryan Reith.

Menurutnya, jika smartphone Huawei dan Samsung makin laris di pasaran. Maka potensi Apple untuk memperluas ekosistem bakal semakin sempit.

Diprediksi, Huawei secara masif bakal menguasai 50 persen pangsa pasar di Tiongkok. Dan di pasar global akan bisa menjungkalkan Samsung pada 2020. Hal ini yang perlu diperhitungkan Apple agar pangsa pasarnya tidak semakin tergerus.