Peningkatan Kualitas Pengalaman Warga Jadi Indikator Pengembang Aplikasi

0
453

Hasil Survei Pemerintahan Digital (Digital Government Survey) yang baru. Penelitian yang dilakukan bekerja sama dengan IDG ini mengungkapkan bahwa prioritas utama pengembang aplikasi di sejumlah instansi pemerintah pusat dan lokal adalah peningkatan kualitas pengalaman warga (46 persen), diikuti dengan pengurangan biaya dalam penyediaan layanan (42 persen).

Sejumlah prioritas utama lainnya, termasuk peningkatan keamanan data (42 persen), penyediaan akses yang lebih baik terhadap data dan informasi (42 persen), serta peningkatan kecepatan dalam penyediaan layanan (38 persen).

“Temuan-temuan survei ini secara jelas menunjukkan bahwa para pengembang di instansi-instansi pemerintah memerlukan perangkat dan proses yang membantu mereka mewujudkan pengalaman pengguna yang positif, sambil menjaga pengelolaan biaya,” ujar Mike Hughes, Product Evangelist, OutSystems.

“Pendekatan low-code dalam pengembangan aplikasi memenuhi kedua target tersebut. Pendekatan ini membantu tim yang memiliki keterbatasan sumber daya agar dapat secara cepat memenuhi berbagai kebutuhan para pengguna, sambil menyajikan pengalaman pengguna yang bermutu tinggi dan aman secara konsisten.” Tuturnya.

Berbagai organisasi yang menggunakan OutSystems dapat membangun aplikasi 10 kali lebih cepat dengan sejumlah komponen yang bersifat pre-built, serta keandalan yang teruji, tanpa perlu membuat seluruh pemrograman dari awal.

Hal ini membantu departemen dengan sumber daya terbatas agar dapat mengalokasikan dana dan personil untuk menggarap beberapa prioritas lain. Dengan demikian, staf-staf mereka dapat membantu warga yang benar-benar memerlukan layanan personal, dan membuat tim IT mereka bisa meluangkan lebih banyak waktu untuk inovasi.