Nodeflux BEYOND Pelopori Pesatnya Ekosistem AI di Indonesia

0
545
Nodeflux beyond

Nodeflux, Perusahaan Vision AI pertama dan terbesar di Indonesia, ciptakan ekosistem berbasis AI untuk memajukan perekonomian di kancah global. Melalui even bertajuk, Nodeflux BEYOND “AI Fostering Greater Good and Beyond” para pemangku kepentingan bisa memberi solusi cerdas di berbagai sektor. Mulai dari pemerintahan, industri, hingga pendidikan.

“Terdapat 3 hal utama untuk mewujudkan ekosistem, yakni: membentuk kurikulum di bidang teknologi AI, keseragaman antara industri dan akademisi, serta pengembangkan riset penelitian. Tujuannya, agar semakin banyak pemain baru dan semakin banyak industri yang menyediakan playground untuk mengembangkan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” ungkap Faris Rahman, CTO of Nodeflux.

Berbagai masalah dan tantangan perkotaan justru menjadi “arena bermain” bagi Nodeflux untuk terus mengembangkan teknologinya, demi sukseskan program Smart City. Dalam hal ini Nodeflux telah membantu kota Jakarta dalam penyajian data untuk perhitungan arus lalu lintas, monitor parkir liar, manajemen kendaraan umum, hingga pemantauan sampah di sungai.

Kurir Robot, Solusi Masa Depan untuk Pengiriman Barang dengan Mudah

Harapannya, agar semakin banyak pelaku industri dan masyarakat yang terbuka dengan teknologi dan merasakan langsung dampak yang dihasilkan dalam perkotaan.

Sebagai solusi parkir otomatis dan penindakan kendaraan yang melanggar hukum atau terlambat bayar pajak, Nodeflux menerapkan teknologi License Plate Recognition (LPR).  Teknologi ini dilengkapi analitik AI yang mampu membaca berbagai jenis plat kendaraan secara otomatis, sehingga situasi seperti hujan dan pemantauan plat bercasing bisa dilihat secara akurat.

Dengan teknologi Fleet Detection, Nodeflux juga dapat mendeteksi jumlah kendaraan di ruas jalan raya. Berbagai analitik lain yang sudah diimplementasi bersama mitra Nodeflux di antaranya Store Analytics untuk mendukung keputusan pemilik dan pemasaran di sebuah toko, Surveillance & Security untuk mendukung keamanan acara seperti Asian Games 2018 dengan penerapan fitur Face Recognition oleh Nodeflux, serta manajemen ketertiban jalan tol dan penerapan teknologi AI untuk Smart City.

Jumlah Pengguna Spotify Meningkat, Kok Tetap Rugi?

“Bersama AI, kami perlu berkolaborasi menerapkan data-driven policy, khususnya untuk menyempurnakan keterbatasan manusia. Dalam menyediakan teknologi, Nodeflux sebagai produk anak bangsa tidak kalah bersaing dengan perusahaan luar negeri, apalagi dengan konsep yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kota Jakarta.” ujar Alex Siahaan, Kasatpel (Kepala Satuan Pelaksana) Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan Jakarta Smart City, dalam panel diskusi.