Grab Terapkan Verifikasi Wajah Pengguna Lewat Selfie Untuk Cegah Kejahatan!

0
268
Cegah Kejahatan

Everyday superapp Grab belum lama ini mempertegas komitmennya terhadap keamanan pengguna di Indonesia. Grab Terapkan Verifikasi Wajah Pengguna Lewat Selfie Untuk Cegah Kejahatan!

Startup yang telah jadi decacorn ini meluncurkan dua inovasi keamanan baruya yakni VoIP dan verifikasi wajah penumpang lewat selfie. Hal ini dimaksudkan untuk mencapai nol insiden pada jumlah kecelakaan yang dapat dicegah dan menciptakan keseharian yang lebih aman.

Teknologi VoiP atau panggilan gratis merupakan kelanjutan dari teknologi penyamaran nomor telepon milik Grab.

Tujuannya adalah memberikan kemudahan bagi pengguna untuk melakukan panggilan antar aplikasi tanpa biaya tambahan bagi pengemudi atau mitra. Teknologi ini juga menjaga privasi dan keamanan keduanya.

Kemudian, verifikasi wajah penumpang merupakan teknologi pengenalan wajah saat pertama kali menggunakan aplikasi lewat selfie secara langsung.

Dua Fitur Baru Grab Untuk Minimalisir Kecurangan Order Fiktif

Inovasi ini meningkatkan perlindungan dari kejahatan pada mitra pengemudi serta berfungsi sebagai pencegahan kejahatan. Sejak kedua fitur ini diperkenalkan awal tahun, tren kriminal yang melibatkan pengguna platform (mitra dan penumpang) bisa menurun 45 persen.

Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi menjelaskan, “Grab tidak pernah berkompromi tentang keamanan dan keselamatan.” Dia mengatakan, keamanan telah menjadi dasar saat Grab didirikan 7 tahun lalu. “Ini adalah masalah pertama yang ingin kami pecahkan dalam keamanan transportasi,” ucap Neneng.

Sebelumnya, Grab juga telah memiliki inovasi keamanan dalam bentuk fitur Bagikan Tujuan (share my ride), Tombol Darurat (SOS Button), hingga penyamaran nomor pribadi.

“Kami mendorong keamanan dengan memperkenalkan fitur VoIP dan verifikasi wajah penumpang untuk menciptakan platform yang aman bagi semua masyarakat Indonesia,” katanya.

Neneng mengungkap, sebagian besar tindak kriminal yang melibatkan pelanggan dilakukan oleh mereka yang baru pertama kali menggunakan aplikasi.

Untuk itu, teknologi pengenalan wajah berfungsi untuk mencegah para pelaku kejahatan yang merencanakan tindak kriminal dan meningkatkan perlindungan bagi mitra pengemudi terhadap tindak kejahatan ini.

Kini, pelanggan yang tergabung dalam Grab untuk pertama kalinya harus melakukan verifikasi wajah secara langsung sebagai bentuk identifikasi sebelum mereka memesan kendaraan mereka untuk pertama kalinya.