Iklan di MIUI Akan Dihilangkan, Yakin Miliaran Dollar Bakal Terbang Begitu Saja?

0
668

Diketahui sebelumnya, nilai minus sistem operasi besutan Xiaomi adalah adanya iklan yang menempel di MIUI. Hal ini yang memang sudah dikeluhkan oleh para penggunanya. Pasalnya, tingkat kenyamanan pun bisa jadi terkena imbas dari banjir iklan di OS tersebut.

Bahkan para rival Xiaomi secara terang-terangan mengejek banyaknya iklan yang Ada di MIUI. Samsung dan Realme sudah menyindir Xiaomi hanya memikirkan kepentingan jualan saja. Sementara dari sudut pandang pengguna mereka ramai-ramai mengeluh di social media.

Menanggapi hal itu, seorang petinggi Xiaomi pun angkat bicara. Ia merespon bahwa ke depannya perusahaan akan membuat aturan terkait iklan di sistem operasinya.

Di jejaring sosial Weibo, pengguna bernama Vesu Decryption meminta Xiaomi menghapus iklan yang Ada di MIUI. Komplain itu pun segera direspon pihak perusahaan dengan tegas. Pihak Xiaomi pun membalas postingan Vesu dalam forum tersebut.

“Saya akan memperbaikinya, serahkan saja pada saya,” kata petinggi Xiaomi tersebut.

Respon ini pun belum tentu akan menjadi kenyataan. Masalahnya, banyak pihak menilai dengan matinya iklan pendapatan Xiaomi akan berkurang.

Dikutip KompasTekno dari Gizmochina, Sumber pendapatan iklan di MIUI merupakan pemasukan lain selain penjualan. Dan Xiaomi akan kehilangan Miliaran Dollar dari ketiadaan iklan tersebut.

“Iklan selama ini selalu menjadi bagian integral dari layanan internet Xiaomi dan bagian kunci dari model bisnis perusahaan,” kata Xiaomi.

“Prinsip kami adalah bahwa iklan seharusnya tidak mengganggu, dan pengguna selalu punya opsi untuk menerima lebih sedikit rekomendasi (iklan),” imbuh mereka.