Terinspirasi Origami, Robot Ini Punya Kemampuan Angkat Barang

0
205
Terinspirasi Origami

Pencipta robot bisa mengembangkan tangan robot yang memiliki kemampuan mengangkat berat.

Bila selama ini tangan robot memiliki bentuk yang mampu menggenggam objek, maka keunikan dapat diamati dari robot rancangan Harvard and MIT CSAIL.

Dilansir Venturebeat, Kamis (14/3), robot yang terinspirasi dari Origami ini memiliki fitur ‘gripper’ atau penggenggam. Disebut ‘A Vacuum-driven Origami ‘Magic-ball’ Soft Gripper’, robot ini kabarnya dapat mengangkat objek yang memiliki berat 120 kali lipat berat tubuhnya.

Peneliti di Laboratorium Ilmu Komputer dan Kecerdasan Buatan (CSAIL) dan Harvard menggambarkan desain gripper baru yang mampu mengangkat barang dalam berbagai bobot, bentuk, dan ukuran.

Perkenalkan, Forpheus Si Robot yang Jago Main Pingpong…

Tim dijadwalkan untuk mempresentasikan hasil kerja mereka, yang didanai sebagian oleh Defense Advanced Research Projects Agency, National Science Foundation dan Wyss Institute for Biologically Inspired Engineering di Harvard.

Tim akan mengungkap karya mereka di International Conference on Robotics and Automation (ICRA) pada musim semi di Montreal. “Salah satu catatan waktu saya adalah membuat robot yang dapat secara otomatis mengemas bahan makanan untuk Anda,” kata profesor MIT, Daniela Rus.

Selama ini terdapat kendala di dalam pengemasan, di mana hanya objek yang memiliki bentuk kotak dan silinder. Akan tetapi dengan sistem gripper, hal ini diharapkan membantu untuk mengatasi masalah itu atau melakukan tugas seperti mengambil barang untuk benda seperti botol, anggur dan telur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here