Tips Melindungi Smartphone dari Virus dan Malware

0
301
Melindungi Smartphone

Rupanya smartphone yang kamu miliki juga rentan dengan serangan virus dan malware sama seperti PC atau laptop. Tips Melindungi Smartphone dari Virus dan Malware

Rupanya smartphone yang kamu miliki juga rentan dengan serangan virus dan malware sama seperti PC atau laptop. Memang bila hal ini terjadi kepada smartphone, efek yang ditimbulkan tidak terlalu besar, tetapi bisa sangat mengganggu ketika kita akan menggunakannya.

Berikut ini adalah beberapa cara sederhana untuk melindungi smartphone dari virus dan malware yang sering dianjurkan.

1. Pakai Anti Virus

Sama seperti di PC dan laptop, rupanya sekarang smartphone juga sudah memiliki anti virus sendiri. Beberapa pabrikan smartphone bahkan sudah memberikan anti virus bawaan yang bisa digunakan oleh penggunanya. Tetapi, bila kamu merasa hal tersebut masih terasa kurang, maka kamu bisa install anti virus lainnya seperti Avast mobile dan sejenisnya.

2. Hanya Install Aplikasi Dari Sumber Terpercaya

Semakin pesatnya perkembangan aplikasi untuk smartphone memicu munculnya berbagai macam android market apps penyedia aplikasi. Munculnya apps market tidak resmi ini membuat celah bagi para hacker untuk membuat aplikasi abal-abal yang akan sangat merugikan penggunanya.

Google Chip Dikembangkan, Qualcomm dan Intel Khawatir

Bila kamu pengguna android, usahakan untuk selalu mengunduh aplikasi dari Google Play sebagai android apps market resmi bagi smartphone berbasis android. Kamu juga bisa mengatur hal ini dibagian setting dengan memilih “Only install apps from trusted source” sehingga tidak melakukan auto install.

3. Hati-hati Dengan Banner Ads

Sebagian besar malware berasal dari iklan yang sering muncul di website-website tertentu. Bila kamu sedang menjelajah melalui browser di smartphone, pastikan kamu tidak melakukan sembarang klik di sebuah banner iklan.

Biasanya iklan tersebut akan mengarahkan kamu untuk membuka laman tertentu bahkan memberi perintah untuk melakukan install. Sebaiknya bila hal ini terjadi, segera tutup tabs atau browser yang kamu gunakan.

4. Update OS dan aplikasi

Rutinlah untuk melakukan update OS dan juga aplikasi yang digunakan agar terhindar dari bug ataupun malware yang mungkin menyusup diantara aplikasi yang kamu gunakan. Semakin baru aplikasi yang kamu gunakan, maka kinerja smartphone kamu pun akan lebih baik.

Keempat cara tadi tentunya sangat mudah dilakukan untuk melindungi smartphone dari virus dan malware yang mungkin mengintai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here