kain pintar

Kain baru kini lebih semakin canggih. Karena jenis kain ini mampu menyesuaikan suhu tubuh si pengguna. Hal ini dibuktikan para peneliti dari University of Maryland, jenis kain baru ini benar-benar unik.

Dikutip dari BGR, kain tersebut akan secara aktif mengelola jumlah radiasi inframerah yang melewatinya. Hebatnya, kain ini diklaim bisa semakin oke berkat lapisan logam yang bereaksi terhadap jumlah panas.

Bahan kainnya pun istimewa,  kain ini menggunakan bahan ulir yang menyerap kelembapan. Berbeda dengan bahan lain yang melepaskannya

Saat sedang berkeringat, benang yang ada pada kain akan mulai melengkung untuk menghindari kelembapan. Nah, saat mulai berubah bentuk, panas akan melewati lapisan kain sambil mengubah sifat-sifat pelapis itu sendiri.

Fitur LOL Tak Dilanjut, Facebook Beralih ke Messenger Kids

Otomatis, dengan metode ini akan mendorong keluarnya radiasi inframerah. Imbasnya, akan dengan cepat mendinginkan kulit. Pun dengan kondisi sebaliknya, saat kulit kedinginan, konfigurasi semula bisa terasa hangat.

“Tubuh manusia adalah radiator yang sempurna. Ia dapat mengeluarkan panas yang cepat. Sepanjang sejarah, satu-satunya cara untuk mengatur radiator adalah melepas pakaian atau mengganti pakaian. Tetapi bahan ini adalah regulator dua arah yang baik,” kata Co-Author, Min Ouyang.

Meski belum diproduksi massal, namun penelitian ini menuai secercah harapan. Mungkin tak butuh waktu lama sebelum pakaian kita yang pintar sudah menyesuaikan tingkat kenyamanan yang diinginkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here