akun palsu TNI

Kementerian Komunikasi dan Informatika serius untuk memerangi hoaks. Terakhir, akun palsu TNI diblokir. Akun tersebut terbukti meresahkan dan menyebarkan konten negatif.

Berdasarkan laporan yang diterima Direktorat Pengendalian Konten Ditjen Aplikasi Informatika dan setelah dilakukan veriifikasi, terdapat akun Instagram bernama @tni_indonesia_update.

Pada akun itu memuat konten pemusnahan para pemuda dan pemudi kritis, yang ditengarai sebagai generasi PKI baru.

Adapun salah satu postingannya, “Sebaiknya para PKI dan generasi PKI baru serta pemuda-pemudi kritis di garis kiri. Dikumpulkan dalam satu gudang kemudian dijadikan sasaran tembak oleh Leopard. Aksi Yonkav 8 Narasingawaratama.”

Dalam keterangan resmi, pihak Kemkominfo sudah mengonfirmasi kepada Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen Candra Wijaya.

“Hasilnya unggahan kontroversial yang sempat viral yang mengatasnamakan TNI dalam akun @tni_indonesia_update itu adalah bukan milik TNI AD,” kata Plt Kepala Biro Humas Kemkominfo Ferdinandus Setu dalam keterangan resmi.

Brigjen Candra Wijaya mengaskan bahwa akun resmi TNI AD adalah @tni_angkatan_darat. Dan tak ada akun lain yang terkait dengan TNI AD.

“Pemblokiran terhadap akun instagram @tni_indonesia_update dilakukan pada Rabu (6/2) pukul 10.45 WIB setelah menerima laporan resmi dari Mabes TNI untuk menertibkan akun-akun media sosial tidak resmi yang mengatasnamakan TNI,” katanya

Akun palsu tersebut terjerat Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, dalam Pasal 35.

Kemkominfo juga mengajak warganet untuk berperan aktif apabila menemukan konten negatif yang meresahkan. Media pengaduan bisa lewat Twitter @aduankonten, website aduankonten.id dan nomor WA 08119224545.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here