Pake AI, Berbagai Robot LG akan Unjuk Gigi di CES 2019

0
303
robot LG

Fokus pada kecerdasan buatan, LG lagi-lagi membuat kejutan di ajang Consumer Electronic Show 2019. Setelah sebelumnya soundbars dan perangkat home appliances, kini robot LG CLOi Suitbot terbaru ditawarkan.

Robot yang dikenakan di bagian tubuh manusia ini mempunyai dukungan lebih baik pada bagian bawah tubuh. Sehingga dapat mengurangi tekanan pada bagian tersebut ketika melakukan kegiatan mengangkat atau membungkuk.

Selain CLOi SuitBot, pada CES 2019, LG juga memamerkan robot lainnya. Bedanya, untuk beberapa robot ini memang ditujukan untuk kebutuhan komersil.

Bernama PorterBot, ServeBot dan CartBot, keseluruhan robot tersebut menjadi refleksi atas komitmen besar perusahaan dalam mengembangkan robot mandiri yang dilengkapi dengan AI terbaik.

PorterBot, ServeBot dan CartBot dikhususkan untuk beroperasi membantu konsumen umum di lingkungan komersil seperti; airport, hotel, mall dan supermarket. Jenis layanan yang ditawarkannya pun beragam. Mulai dari membantu konsumen membawa bagasi, mengantarkan makanan dan membantu membawa barang belanjaan konsumen.

Versi terbaru LG CLOi Robot Servis ini telah mengalami pembaharuan di bidang sistem navigasi yang lebih canggih dan konektivitas yang membuatnya dapat berkomunikasi dengan alat mesin lain seperti lift dan pintu otomatis.

Didukung dengan teknologi AI terkini, robot servis LG CLOi bahkan dapat mempelajari dan mengenalisa pola kebiasaan dari konsumen yang dilayaninya sehingga dapat memberikan pelayanan yang lebih baik di kemudian hari.

Robot servis LG CLOi ini juga dilengkapi dengan desain layar sentuh dan pengenal suara yang memungkinkannya untuk dapat berinteraksi secara alami dengan para konsumen.

Dilihat dari segi performa, robot servis LG CLOi kini juga mampu melakukan tugas yang lebik kompleks seperti menjawab berbagai pertanyaan dan melalukan proses pembayaran secara mandiri. Ketika daya pada robot akan segera habis, CLOi dapat secara mandiri mendeteksinya dan bergerak sendiri mencari tempat untuk mengisi ulang daya yang telah disediakan.

Manakala daya nya sudah kembali terisi, CLOi lantas akan bergerak melanjutkan tugasnya yang tertunda. Bila ada kerusakan pada dirinya, CLOi bahkan dapat secara otomatis melakukan diagnosis sendiri dan membuat laporan terkait kerusakan tersebut.

“Robot servis CLOi LG dilengkapi dengan kemampuan menganalisa dan memahami lingkungan sekitar yang menjadi inovasi terbaik saat ini pada robot. Keseluruhan pembaruan yang kami tawarkan pada seluruh jajaran robot kami menjadi refleksi nyata atas komitmen kami untuk menjadi pengembang robot terkemuka dalam waktu dekat.” ujar senior vice president Roh Jin-seo, head of LG’s robotics business.