Tahun 2019 Sudah Di Depan Mata! Lalu, Tren Teknologi Seperti Apa yang Akan Marak?

0
130
tren teknologi

Dimension Data selaku perusahaan integrator teknologi global paparkan laporan tren teknologi 2019. Tahun 2019 Sudah Di Depan Mata! Lalu, Tren Teknologi Seperti Apa yang Akan Marak?

Usai merilis tren teknologi 2019, Dimension Data, memperkirakan sejumlah tantangan yang akan dihadapi tanah air dalam merespon berbagai teknologi yang semakin berkembang seperti cyber security, kepintaran buatan (AI), mesin pembelajaran dan proses otomatisasi melalui robot.

Teknologi bukan hanya membuat smartphone terbaru Anda untuk selfie dengan lebih keren saja, tetapi juga memengaruhi cara untuk hidup di era yang serba cepat ini. Hal tersebut merupakan aspek yang diperlihatkan oleh Dimension Data, perusahaan integrator teknologi dan penyedia layanan terkelola global dengan nilai aset $8 Milyar pada hari ini.

WhatsApp Android Kini Dapat Tonton Video Sambil Chatting

CEO Dimension Data Indonesia, Hendra Lesmana mengungkapkan, tantangan yang paling utama yang akan dihadapi adalah sumber daya manusia dalam negeri yang masih gagap teknologi. Artinya, masyarakat Indonesia belum berani memiliki inovasi dan ide cemerlang dalam menciptakan atau mengelola teknologi terkini.

Menurutnya, hal itu dikarenakan kurangnya pembelajaran terhadap generasi muda mengenai cyber security di Universitas atau Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia. “Regulator sangat berperan dalam hal ini,” ujarnya, Selasa (18/12).

Laporan tren yang dikembangkan oleh tim ahli teknologi dari Dimension Data tersebut memperlihatkan adanya lima elemen yang akan menjadi perhatian utama di 2019 nanti. Melalui lima elemen tersebut, teknologi akan mendefinisikan ladang main bisnis dan teknologi, sesuatu yang perlu diikuti pula oleh pemain pasar di Indonesia.

Kelima elemen tersebut antara lain adalah:

  1. Proses otomatisasi robot akan membentuk kembali pengalaman pelanggan
  2. Organisasi akan fokus pada platform kemanan siber berbasis cloud
  3. Infrastruktur dapat diprogram dengan model end to end
  4. Aplikasi akan menjadi lebih cerdas dan dapat disesuaikan
  5. Nilai daripada data akan menjadi pusat dari nilai alam semesta

“Kita (para pelaku teknologi), harus kasih input ke regulatpr, ini yang harus diregulasi, dan mana yang harus dilonggarkan,” tutup Hendra.