Sejak diluncurkan 2013, Sony PlayStation 4 (PS4) jarang mengalami pembajakan.

Namun, tidak dengan beberapa hari terakhir. Pasalnya, hacker telah berhasil membobol proteksi konsol PS4 (jailberaking). Tentu saja dengan konsol bajakan itu game non orisinil pun bisa dimainkan.

Peredaran yang begitu masif membuat Sony mulai khawatir. Bahkan dilaporan terbarunya, Sony menggugat Eric Scales (hacker PS4) yang menggunakan nama “Blackcloak13” di situs eBay untuk menjual PS4 jailbreaking. Ia dituduh menyisipkan lebih dari 60 game bajakan.

Bukan tanpa bukti, Sony berhasil memesan dua konsol secara online dan mendapati PS4 jailbreaking, sama persis dengan iklan yang beredar.

“Eksploitasi konsol PS4 yang dijual terdakwa, bisa memainkan lebih dari 60 kopi video game ilegal yang terkandung di dalam perangkat keras,” tulis Sony.

Tak hanya itu, Sony juga menggugat sebuah situs yang diduga punya Scales, di mana ia diduga menyediakan layanan jailbreaking.

“Dalam situsnya, dia menggunakan simbol pembajakan klasik, yakni tengkorak dan tulang menyilang di bawahnya. Terdakwa mengatakan bahwa dengan membeli layanan atau produknya, para pembeli bisa mengunduh dan menyalin game apa pun, tanpa perlu beli game asli,” jelas Sony.