Gempa bumi dan tsunami membutuhkan pemulihan secara psikis dan fisik. Beragam bantuan dibutuhkan untuk membangun semua area terdampak. Besar memang, semua harus dipikul Bersama.

Apple pun terketuk melihat musibah yang luar biasa itu. Kucuran dana disiapkan, Nominal US$1 juta digelontorkan. Hal ini diungkapkan langsung oleh CEO Apple, Tim Cook melalui akun Twitter pribadinya.

“Hati kami bersama masyarakat Sulawesi setelah terkena gempa bumi dan tsunami yang memporakporandakan (Palu dan Donggala) akhir pekan lalu. Apple menyumbang US$1 juta untuk membantu upaya pemulihan dari negara yang indah ini,” kata Cook.

Bukan Cuma Apple, Xiaomi pun turut berkontribusi membantu masyarakat Sulawesi, khususnya Palu dan Donggala. Melalui organisasi kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT).

“Kami memberikan bantuan berupa barang yang bisa dimakan seperti makanan bayi, biskuit, dan air bersih serta materi yang tidak dapat dimakan seperti popok bayi, senter, dan powerbank melalui tim ACT,” kata Xiaomi Indonesia Country Manager and Head of South Pacific Region, Steven Shi.

Tak Cuma vendor, operator penyedia jaringan komunikasi turut andil pula. Telkomsel dan Indosat Ooredoo juga berperan aktif memulihkan komunikasi dan kebutuhan lainnya di ke Palu dan Donggala.

“Indosat Ooredoo mengirimkan Mobil Klinik yang berada di Makassar dengan membawa tenaga medis dan petugas kesehatan. Kegiatan ini direncanakan akan berlangsung selama dua minggu di 12 titik tersebut meliputi layanan kesehatan umum, pemberian makanan tambahan, pemulihan trauma untuk anak-anak, dan pembagian paket kebutuhan darurat,” kata CEO Indosat, Joy Wahyudi.