Media sosial berbagi momen Path secara resmi mengumumkan selamat tinggal kepada para penggunanya. Sebelumnya, dunia maya memang sedang ramai dengan kabar bahwa aplikasi Path akan tutup usia.

Akhir pekan lalu, netizen Indonesia dibuat heboh dengan beredarnya screenshot yang berisi posting pengumuman bahwa Path akan ditutup.

Setelah kabar yang sempat simpang siur karena Path tidak segera memberikan konfirmasi pada Senin lalu (17/9/2018). Path secara resmi mengumumkan kabar buruk itu kepada para penggunanya.

Dilansir dari Path.com (17/09/2018), Path dengan berat hari mengumumkan pihaknya akan menghentikan layanan mereka.

“Dengan penyesalan mendalam kami mengumumkan bahwa kami akan berhenti menyediakan layanan kami yang dicintai, Path,” tulis tim Path dalam unggahan berisi pengumumannya di situs yang berjudul “The Last Goodbye”.

Path Tutup Usia

Selama perjalanan hingga usia Path mencapai 8 tahun di tahun ini, Path menyebut telah tertawa dan menangis bersama pengguna.

“Kini penutupan layanan sudah tidak terhindarkan untuk memprioritaskan kerja kami, untuk menyediakan produk dan layanan yang lebih baik untuk anda,” tambahnya.

Sekedar informasi tambahan, pihak Path menyebut, media sosial ini bermula dari sebuah tim kecil, baik dari bidang desain maupun engineer. Path didirikan pada tahun 2010.

“Selama bertahun-tahun, kami telah mencoba menetapkan misi kami melalui teknologi dan desain, kami bertujuan untuk menjadi sumber kebahagiaan, bermakna, dan koneksi ke pengguna kami,” ujar pihak Path.

Meski menyatakan akan tutup, Path memberika waktu kepada pengguna untuk bersiap-siap. Hari Senin lalu 17 September 2018 Path mengumumkan kepada seluruh pengguna bahwa layanannya akan ditutup.

Kemudian, pada 1 Oktober 2018 pengguna tidak bisa mengunduh atau memperbarui aplikasi Path mereka lagi di iOS atau Android.

Pada tanggal 18 Oktober 2018, layanan Path akan dihentikan dan para pengguna tidak akan bisa membuka jejaring sosial tersebut.

Sedangkan di tanggal 15 November 2018, Path akan menutup layanan customer service terkait.

Pengumuman selengkapnya, berikut langkah-langkah migrasi data untuk menyelamatkan aneka foto, teks, dan video yang diunggah ke Path, dapat di lihat di situs https://path.com/about. (RH)