Samsung kembali mengumumkan pada 11 Oktober 2018 akan meluncurkan perangkat terbaru yaitu, Galaxy A9 Pro.

Jika dibandingkan dengan duo seri Galaxy A8 dan A8 Plus, Galaxy A9 Pro dikabarkan akan memunculkan banyak kejutan desain dari Samsung.

Salah satunya adalah perangkat dengan empat kamera lensa di bagian belakang. Selain itu, chipset yang disematkan bukan lagi menggunakan Exynos, seperti pada duo Galaxy A8. Rumornya, Galaxy A9 Pro akan dipersenjatai dengan chipset Snapdragon 710.

Chip pertama dari jajaran seri 700 Qualcomm ini diklaim menawarkan efisiensi daya dan tenaga yang cukup tinggi.

Prosesor ini juga akan dilengkapi dengan multi-core AI Engine, teknologi yang membuat smartphone dapat mempelajari kebiasaan penggunanya melalui kecerdasan buatan.

Dilansir dari Phone Arena (17/9/2018), Galaxy A9 Pro yang akan datang mungkin merupakan smartphone Samsung pertama yang menggunakan Snapdragon 710. Dalam hal desain, belum ada bocoran resmi mengenai perangkat tersebut.

“Snapdragon 710 dirancang untuk mengubah produk menjadi asisten pribadi utama, meningkatkan pengalaman konsumen sehari-hari, seperti fitur kamera canggih yang akan mendapatkan manfaat dari pemrosesan AI kecepatan tinggi di perangkat, tanpa mengorbankan masa pakai baterai,” ujar Kedat Kondap, VP of Product Management di Qualcomm.

Apabila benar, makan Galaxy A9 Pro akan menjadi smartphone kelas menengah atas dari Samsung. Beberapa konsep render Galaxy A9 Pro sudah beredar di dunia maya.

Salah satu render yang sempat bocor di dunia maya adalah konsep empat kamera belakang yang tersusun persegi dengan LED Flash di tengah.

Pada konsep ini, tidak ditemukan pemindai sidik jari dalam layar, yang mengindikasikan Samsung akan memindahkannya ke bagian display (in-display fingerprint). Sentuhan warna gradasi juga disebut akan diusung Galaxy A9 Pro.

Dilansir dari Android Headlines (18/9/2018), empat lensa kamera di belakang akan tersusun vertikal dengan LED flash di bagian bawah dan sensor pemindai sidik jari di tengah punggung.

Bodi belakang juga hanya menampilkan dua varian warna yakni hitam, biru, dan merah muda. Meski demikian, kedua render sama-sama menampilkan infinity display dengan layar lengkung di pinggir.

Belum ada bocoran untuk spesifikasi lain, termasuk juga fungsi dari masing-masing empat lensa di belakang.

Mengingat tanggal peluncuran masih kurang dari satu bulan, spekulas lain masih bisa muncul dan berubah-ubah hingga hari peluncuran tiba. (RH)