Setelah ramai menjadi perbincangan di dunia maya, iPhone XS atau iPhone Ten S dan iPhone XS Max atau iPhone Ten S Max, akhirnya resmi diluncurkan pada Kamis (13/9/2018), dalam sebuah acara yang bertajuk “Gather Round”.

Pada video yang dipertunjukkan, iPhone XS dan XS Max terlihat elegan dengan balutan stainless steel kokoh atau disebut “surgical-grade”.

Bagian depan dibalut dengan kaca yang diklaim paling tahan banting, jika dibandingkan dengan semua smartphone di pasaran saat ini.

iPhone XS dan XS Max memiliki tiga varian warna, yaitu abu-abu, silver, dan emas. Salah satu peningkatan dari seri sebelumnya merupakan sertifikasi anti-air dan anti-debu yang meningkat menjadi IP68.

“Artinya pengguna bisa menenggelamkan iPhone XS ke air berkedalaman dua meter selama tiga menit,” ujar Philip Schiller Senior VP Marketing Apple.

Schiller mengatakan berbagai cairan sudah disemburkan ke iPhone XS dan smartphone masih tetap berfungsi normal. Apalagi, ketika ketumpahan bir, pengguna diklaim tidak perlu khawatir.

iPhone XS juga hadir dalam dua varian ukuran layar, yaitu regular dan Max. kedua smartphone ini mengusung desain bezel-less seperti iPhone X, namun yang membedakan hanya diukuran layar.

iPhone XS yang memiliki ukuran layar 5,8 inci, sedangkan iPhone XS Max memiliki ukuran layar lebih besar dengan ukuran 6,5 inci. Meski begitu, kualiatas layarnya sama-sama kelar pertama dengan teknologi Dolby Vision dan HDR10.

iPhone XS dan XS Max membawa layar Super Retina berjenis OLED dengan kerapatan 458 ppi. Layar dari iPhone XS Max beresolusi 2.436 x 1.125 piksel dengan kerapatan 458 ppi, sedangkan layar iPhone XS Max beresolusi 2.688 x 1.242 piksel.

Selain mengenai visual, aspek audio smartphone ini sudah dipikirkan secara matang. iPhone XS dan XS Max menggunakan teknologi speaker stereo, sehingga tidak perlu lagi menghubungkan smartphone dengan speaker portabel.

iPhone XS dan iPhone XS Max
iPhone Xs dan iPhone XS Max

Perfoma kedua smartphone ini sudah meningkat signifikan dengan mengandalkan prosesor A12 Bionic. Prosesor tersebut merupakan yang pertama menggunakan chip 7nm dengan 6,9 miliar transistor.

Jika dijelaskan, dalam satu prosesor terdapat 4-core GPU, 6-core CPU, dan Neural Engine. Pada tiap core CPU A12 diklaim bisa menjalakan program 15 persen lebih cepat dibanding A11, sedangkan GPU 50 persen lebih baik.

Spesifikasi ini juga didukung fitu-fitur pada sistem operasi iOS 12 yang banyak berkutat pada implementasi Augmeneted Reality (AR), Machine Learning (ML), Memoji, serta pemakaian asisten digital Siri.

Pada sektor kamera, iPhone XS dan XS Max menggunakan dual kamera pada bagian belakang. Kedua kamera memiliki resolusi 12 MP, satu dengan lensa wide angle dan lainnya untuk telephoto.

Masing-masing dari kamera dilengkapi pula dengan stabilizer optikal (OIS) dan lensa 6 elemen. Dengan aperture f/1.8 (wide angle) dan f/2.4 (telephoto) yang dapat melakukan zoom optikal hingga 2x.

Pada sisi depan, pengguna dapat selfie dengan kamera 7MP. Sensor pada kamera depan diklaim lebih cepat dan aperture f/2.2. Dengan tambahan teknologi Image Signal dan Neural Engine, hasil selfie dapat ditingkatkan secara maksimal.

Fitur dari kamera yang ditonjolkan adalah “Smart HDR”. Pengguna dapat membidik empat foto berturut-turut tanpa adanya shutter leg sama sekali. Jadi, tidak perlu khawatir ketika hendak menjepret objek yang bergerak.

Hal yang membuat menarik lainnya dari iPhone XS dan XS Max adalah baterai. Varian XS memiliki baterai yang diklaim 30 menit lebih tahan lama ketimbang iPhone X, sedangkan iPhone XS Max tahan 90 menit lebih lama dibanding iPhone X.

Seperti bocoran yang sudah beredar sebelumnya, iPhone XS dan XS Max juga sudah didukung Dual SIM. Keduanya bisa sama-sama aktif atau “Dual SIM Dual Standby”.

DSDS itu terdiri dari satu SIM fisik standar dan satunya lagi SIM elektronik atau eSIM. Khusus untuk pasar China, kedua SIM bisa sama-sama SIM fisik. (RH)