Kamu tahu kalau ada banyak teknologi di dunia nyata yang terinspirasi dari film-film sains fiksi. Contohnya adalah tablet macam iPad atau smartphone.

Bagaimana teknologi yang berasal dari game? Tidak sedikit konsep-konsep teknologi keren yang hadir dari video game, apakah itu sungguh ada?

Semakin canggih perkembangan teknologi saat ini sudah bisa membuktikan adanya teknologi yang diciptakan dan sedang dikembangkan lebih lanjut untuk memberikan kemampuan yang lebih maksimal.

Kira-kira teknologi apa saja yang terinspirasi dari video game? Simak terus ya guys.

  1. Kendaraan berpelindung

7 Teknologi Real Terinspirasi dari Video Game

Di dalam game, kamu akan menemui tank-tank yang sangat sulit dihancurkan. Bahkan menggunakan rocket launcher pun membutuhkan beberapa kali tembakan untuk menghancurkannya.

Akan tetapi, nyatanya sangatlah berbeda dan tank bukanlah kendaraan yang super sakti. Maka dari itu, DARPA menciptakan kendaraan yang dinamakan Iron Curtain.

Dengan menggunakan lapisan logam yang dapat memberika medan listrik, kendaraan ini dipercaya mampu meledakkan misil-misil yang mengincarnya sebelum menyentuh kendaraan ini. Tank ini terinspirasi dari game Battlefield.

  1. Heads-up display

7 Teknologi Real Terinspirasi dari Video Game

Saat bermain game bergaya first person shooter online, biasanya di layarmu terdapat banyak display yang memberikan informasi-informasi penting. Mulai dari peta, health point, posisi rekan tim, jumlah amunisi, atau bahkan posisi musuh.

Lewat konsep inilah tercetus inovasi heads-up display. Jika kamu pernah mendengar Google’s Project Glass, itu merupakan salah satu contoh nyata dari pengembangan konsep heads-up display tersebut.

  1. Bidikan otomatis

7 Teknologi Real Terinspirasi dari Video Game

Sedari jaman dulu, paling menyenangkan untuk game tembak-tembakan adalah pilihan senjata yang dapat memberikan bidikan otomatis. Dengan alasan karena memudahkan dapat kemenangan, khususnya untuk mereka yang memiliki kemampuan bidikan sangat jelek.

Di Amerika teknologi berkemampuan tersebut sudah berhasil diciptakan. Bernama XS1, senjata ini memiliki kemampuan tracking point di mana sang penggua akan mampu menandai sang target dan akan terus mengikutinya walaupun target tersebut bergerak.

  1. Penghitung amunisi

7 Teknologi Real Terinspirasi dari Video Game

Bagi mereka yang memainkan game apapun dengan tema tembak-tembakan, pastinya jumlah amunisi merupakan sesuatu yang krusial.

Jika tiba-tiba ditengah baku tembak, senjata kamu tidak dapat menembak, maka selesai sudah. Hal yang berhubungan dengan hidup mati itu juga ternyata dirasakan di dunia nyata.

Maka dari itu, teknologi penghitung amunisi pun diciptakan. Alat ini akan menghitung jumlah amunisi yang ada di senjatamu serta yang telah ditembakkan dan sangat akurat mengingat penghitung amunisi ini menggunakan komputer yang tidak mungkin terdistraksi sekitarnya.

  1. Medpac

7 Teknologi Real Terinspirasi dari Video Game

Pernah main game Left 4 Dead? Jika pernah, pasti kamu tahu kalau untuk menyembuhkan health point, kamu harus menggunakan health pac.

Health pac itu ternyata tidak ada di dunia nyata dan saat ini sedang dalam tahap pengembangan. Para ilmuwan sedang mencoba menciptakan semacam salep yang secara instan mampu menghentikan pendarahan dan menyembuhkan luka. Semacam first aid kit yang lebih jitu.

  1. Granat terprogram

7 Teknologi Real Terinspirasi dari Video Game

Pada umumnya jika berbicara tentang granat, pastinya merupakan sebuah senjata ledakan yang mampu meledak sendiri setelah beberapa waktu pelatuknya dilepat.

Namun, karena game Gears of War ilmuwan akhirnya menemukan teknologi yang bisa meledak sesuai dengan keinginan sang pengguna.

XM-25, sebuah rocket launcher yang dapat melontarkan granat-granat terprogram yang bisa didetonasikan di titik tertentu. Senjata ini sekarang sedang digunakan dan diuji coba oleh para pasukan khusus US, tapi sepertinya sudah diberhentikan mengingat biaya pengembangan yang tidak sedikit.

  1. Peningkat kekuatan

7 Teknologi Real Terinspirasi dari Video Game

Modafinil merupakan obat-obatan yang dapat memberikan daya tahan yang luar biasa bagi penggunanya. Mereka yang minum ini mampu tidak tidur selama 40 jam tanpa adanya kerusakan mental.

Obat ini dipergunakan untuk para pilot Angkatan Udara US yang secara rutin berada di udara untuk pengawasan.

Modafinil dipercaya merupakan inspirasi dari obat-obatan penambah kekuatan seperti yang ada di game macam Bioshock. (RH)