Saat Xioami memberitahukan pengembangan antarmuka MIUI 10, vendor China berjanji menggulirkan sekitar bulan September atau Oktober. Tampaknya, Xiaomi benar-benar menetapi janjinya.

Pembaruan MIUI 10 akan mulai dirilis secara bertahap. Pemberitahuan ini disampaikan secara resmi di forum Xiaomi.

Rata-rata dari mereka merupakan pendatang baru, seperti Redmi 6 dan Redmi 6A. kabarnya, untuk jenis flagship seperti Mi 8 dan Mi Mix 2S masih dalam tahap pengujian.

Dilansir dari Gizbot (11/9/2018), selain akan mendapatkan update MIUI 10, kedua dari smartphone ini akan mendapatkan pembaruan Android 9 Pie. Sedangkan untuk smartphone lainnya akan diperbarui dengan MIUI 10 berbasisi Android 8.1 Oreo.

Perlu diingat pembaruan MIUI 10 hanya baru tiba untuk perangkat Xiaomi di China saja. Ada kemungkinan, versi global ROM nya tidak akan lama lagi. Soal pemberitahuan tanggal peluncuruannya, Xiaomi akan segera mengumumkannya.

Pembaruan MIUI 10 akan dikonfirmasi lewat update OTA (over the air). Pengguna juga dapat langsung mengecek menu “software setting” untuk memeriksa pembaruan dengan menekan tombol “upgrade now”.

Untuk pengguna yang sudah memasang versi developer MIUI di perangkat juga dapat meng-update MIUI 10 sesuai dengan petunjuk yang berlaku.

MIUI 10 akan membawa banyak fitur baru dibanding dengan antarmuka sebelumnya. Beberapa diantaranya adalah desain antarmuka yang lebih cerah dengan warna yang segar.

Selain itu, dukungan kecerdasan buatan (AI) dan internet of thins (IoT). Xiaomi juga akan menyisipkan ringtone baru dengan nada yang dijanjikan lebih natural dan nyaman.

Terdapat juga gesture “swipe” baru untuk menu “home”, “back” dan “recent apps”. Lalu, Xiaomi juga mendatangkan bar volume secara vertika, alih-alih horizontal seperti sebelumnya.

Secara keseluruhan, MIUI 10 ditujukan untuk perangkat dengan layar jumbo termasuk yang memiliki poni layar.

Berikut adalah 12 smartphone Xiaomi yang akan mendapatkan pembaruan MIUI 10 global stable ROM: (RH)

  1. Redmi S2
  2. Redmi Note 5
  3. Redmi 6
  4. Redmi 6A
  5. Redmi 6 Pro
  6. Xiaomi 5
  7. Xiaomi Note 2
  8. Xioami 6
  9. Xiaomi 6X
  10. Xiaomi MIX
  11. Xiaomi MIX 2
  12. Xiaomi 8SE