Kemarin malam Apple merilis tiga iPhone terbarunya. Menjelang peluncuran itu ada kabar bahwa pengiriman smartphone andalannya saat ini, yaitu iPhone X, tembus angka 63 juta unit.

Sejak diluncurkan pada 3 November 2017 lalu, angka pengiriman iPhone X sudah melebihi 60 juta unit. Selama kurang lebih 10 bulan sampai dengan bulan Agustus 2018 lalu, smartphone keluaran Apple itu tepatnya sudah dikirimkan sebanyak 63 juta unit.

Angka ini didapat dari riset teranyar Counterpoint, sebuah firma yang berpusat di Hong Kong. Amerika Serikat merupakan penyumbang terbesar, disusul China. Bersama dengan Jepang, ketiganya menyumbang lebih dari 60 persen total pengiriman iPhone X di seluruh dunia.

Generasi Awal iPhone X Sudah Tembus 63 Juta Unit

Kondisinya sangat berbanding terbalik dengan kawasan lain, terutama di negara yang pasarnya terbilang masih berkembang. Di sana, model-model lama dari smartphone keluaran Apple masih digemari karena tingginya harga iPhone X.

Hal tersebut terlihat dari ketiadaan negara-negara asal Timur Tengah, Afrika, hingga Amerika Selatan dalam daftar 10 besar kawasan dengan penjualan iPhone X tertinggi.

Selain itu, India juga hanya berkontribusi satu persen dari total pengiriman smartphone “berponi” itu.

Walau begitu, catatan yang didapat iPhone X tetaplah spesial. Apple berkontribusi terhadap hampir 1/3 dari total pengiriman iPhone.

Bukan hanya itu, smartphone ini juga menyumbang separuh dari keseluruhan pendapatan iPhone sejak diluncurkan.

Selain itu pada periode November 2017 –  Agustus 2018, iPhone X sudah melampaui penjualan smartphone dari Oppo, Xiaomi, dan Huawei, yang notabene termasuk ke dalam lima besar dunia. Hanya Samsung yang tidak dapat dapat ditaklukkan oleh smartphone tersebut.

Meski menorehkan sejumlah catatan manis, tapi pencapaian iPhone X masih belum bisa melampaui rekor dari iPhone 6.

Generasi Awal iPhone X Sudah Tembus 63 Juta Unit

Jika iPhone X butuh waktu sekitar 10 bulan untuk menembus kisaran 60 juta unit, iPhone 6 hanya membutuhkan enam bulan saja.

Selain itu, iPhone 6 juga lebih banyak dikirimkan (sebesar 30 juta unit) dibandingkan iPhone X setelah 10 bulan usai diluncurkan.

Kendati demikian, dengan grafik yang ditunjukkan iPhone X saat ini, Counterpint menyambut smartphone tersebut bisa menjadi smartphone tersukses Apple sepanjan masa, baik dari sisi pendapatan maupun keuntungan.

Sehubung dengan diluncurkan tiga iPhone terbaru dengan spesifikasi yang berbeda-beda, pendaptan Apple dari iPhone juga diprediksi akan semakin meningkat. (RH)