Apple menghilangkan sensor sidik jari Touch ID pada iPhone X yang diluncurkan tahun lalu. Para konsumen memberikan respons yang cukup baik sehingga Apple dikabarkan akan memasang fitur ini pada iPad.

Menurut 9to5Mac, memang sensor sidik jari masih memiliki kelebihan tersendiri. Walau begitu, bukan berarti Apple akan kembali memasang sensor sidik jari pada iPhone yang mereka luncurkan tahun ini.

Menurut analisi Ming-Chi Kuo, yang selama ini menjadi sumber rumor yang terpercaya mengenai Apple, perusahaan asal Cupertino tidak akan menggunakan teknologi Fingerprint On Display (FOD) pada iPhone yang dirilis tahun ini.

Apple Tidak Tanamkan Sensor Sidik Jari di Layar iPhone Baru

Kuo juga mengatakan, teknologi FOD akan tumbuh 500 persen pada 2019 berkat penggunaan dari manufaktur Android.

Akan tetapi, Apple menyebutkan mereka tidak akan memasang Touch ID pada layar iPhone dalam waktu dekat.

Di tahun ini, Apple tidak dikabarkan sedang mengembangkan Touch ID untuk iPhone XS. Selain itu, desas-desusnya bahwa Apple sedang mengembangkan fitur sensor sidik jari pada musim panas juga sudah dibantah.

Kuo menanggapi, teknologi pengenalan wajah yang saat ini Apple gunakan sudah cukup baik. Teknologi FOD akan bisa diuji pada Android dan perusahaan pembuat smartphone Android akan dapat mengembangkan teknologi itu.

Itulah salah satu alasan mengapa Apple memutuskan untuk tidak lagi memasang sensor sidik jari pada layar karena teknologi itu belum mendukung layar OLED premium. Memang, belakangan, Apple sudah mulai menggunakan layar OLED untuk smartphone buatannya. (RH)