Mungkin beberapa orang beranggapan bahwa merekam sebuah panggilan merupakan pelanggaran privasi seorang.

Namun, sering kali obrolan dalam video call bernilai sangat penting, baik untuk urusan profesional maupun personal. Misalnya, ketika sedang mengadakan rapat virtual bersama rekan-rekan kerja di tempat berbeda.

Kini aplikasi video call Skype menghadirkan fitur baru yang cukup dinantikan para penggunanya, yaitu fungsi untuk merekam percakapan video call.

Pada update Skype 8.0, Skype menghadirkan fitur yang dinamakan Call Recording. Fitur ini dapat digunakan semua pengguna Skype di perangkat apapun, mulai dari iOS, Mac, Windows, Linux maupun Android.

Sesusai dengan namanya, Call Recording sangat memungkinkan pengguna merekam video call yang dirasa penting. Basis perekamannya menggunakan cloud dan tersedia di hampir seluruh platform.

Jika kamu masih khawatir tentang adanya pelanggaran privasi, kamu tidak perlu mengkhawatirkan soal itu sebab hal ini sebelumnya sudah dibahas oleh Microsoft.

Menurut Microsoft, “Setelah kamu mulai merekam, semua orang dalam panggilan diberitahu bahwa panggilan sedang direkam jadi tidak ada yang perlu ditakutkan. Jika kamu menggunakan panggilan video, Skype akan merekam video semua orang serta semua layar yang dibagikan selama panggilan. Setelah panggilan, kamu dapat menyimpan dan membagikan panggilan yang direkam selama 30 hari ke depan,”.

Cara merekamnya cukup mudah, pengguna hanya perlu menekan tombol + dan menekan opsi Mulai Perekaman, dan setelah itu pembicaraan akan direkam.

Skype Bisa Rekam saat Video Call

Saat perekaman, nanti akan ada pemberitahuan pada bagian atas layar panggilan untuk memberi tahu pengguna bahwa mereka sedang direkam.

Sayangnya, pengguna Windows 10 kiranya harus sedikit lebih bersabar. Call Recording baru akan hadir beberapa pekan ke depan, bertepatan dengan pemutakhiran aplikasi Skype di Windows 10.

Dilansir dari situs resmi Skype (6/9/2018), Call Recording ini tidak hanya terbatas untuk one-on-one call. Fitur ini juga dapt digunakan untuk group-call. Jadi semua orang dalam percakapan video akan terekam secara bersamaan.

Jika kamu ingin menyimpannya dalam waktu lebih lama, dapat mengunduh video tersebut dan simpan di memori smartphone atau desktop.

Caranya mudah, klik video yang tercantum di ruang chat, lalu pilih opsi “Save to Download”. Video akan tersimpan dalam format MP4. (RH)