Jaringan teknologi generasi kelima atau 5G akan segera diperkenalkan di smartphone. Vendor-vendor perangkat keras dan gadget sudah bersiap menyambut kedatangan jaringan seluler tersebut, yang dijadwalkan mulai rollout di tahun depan.

Kabar kehadiran jaringan 5G sudah terdengar sejak 2014 lalu. Lalu, produsen chip asal Amerika Serikat yakni, Qualcomm turut mengumumkan kemitraan dengan sejumlah OEM untuk menghadirkan smartphone 5G di tahun 2019.

Guna mempersiapkan jaringan siap di dalam smartphone, tentu beberapa OEM atau produsen smartphone harus turut mengujinya.

Oppo pun mengajukan keikutsertaan untuk menguji jaringan seluler 5G. Pabrikan smartphone asal Tiongkok dikabarkan telah selesai menguji coba koneksi 5G dengan smartphone yang tersedia secara komersil.

Smartphone yang digunakan Oppo untuk menguji coba jaringan 5G bukanlah model baru yang dikembangkan untuk mendukung 5G. Namun, smartphone seri R15 keluaran awal 2018 ini, yang dimodifikasi dengan menambahkan modem 5G X50 besutan Qualcomm.

Hasil yang didapat Oppo sudah mencapai kecepatan 5G eksperimental pada unit ritel yang dimodifikasi Oppo R15.

Oppo R15 Sudah Selasai Uji Coba Pasang Modem 5G
Oppo R15 uji coba jaringan 5G

Pengujian didasarkan pada standar 3GPP Release 12 NSA dengan bandwidth 10 Mhz dari Band 5 LTE dan bandwidth 20 Mhz dari 5G NR n78 band.

Band n78 merupakan band 5G NR yang saat ini paling banyak dijadikan acuan di seluruh dunia. Ada kemungkinan band ini yang akan dipakai untuk penggelaran awal 5G pada 2019. Karena itu, band n78 dipandang memiliki nilai komersial tinggi.

Dilansir dari GizmoTiongkok, pada Mei lalu, Oppo telah mendemonstrasikan panggilan video call 5G pertama di dunia dengan teknologi 3D structured light.

Kecepatan dari transmisi yang dicatat ketika itu mencapai 1,46 Gbps untuk downlink dan 160 Mbps untuk uplink.

Liu Chang President of Oppo Research Institute mengatakan kepada MyDrivers, tes ini meletakkan fondasi untuk rilis komersial perangkat 5G yang siap hadir pada 2019 nanti.

Pernyataan yang dilontarkan Chang tersebut memperkuat informasi pengumuman Oppo R17 dari Direktur Pemasaran, di mana mengisyaratkan Oppo mungkin di antara yang pertama memperkenalkan smartphone 5G.

Bukan hanya Oppo, produsen asal Tiongkok lainnya seperti OnePlus juga berencana memperkenalkan smartphone 5G.

Guna untuk merealisasikannya, segala upaya pun dilakukan OnePlus, salah satunya membangun hubungan dengan operator di Amerika Serikat. (RH)