Honor kembali mengumumkan smartphone kelas menengah terbarunya yaitu, Honor 8X yang akan resmi diluncurkan pada 5 September mendatang.

Belum secara resmi Honor mengumumkan tanggal tersebut, akan tetapi sudah mulai mengirimkan sejumlah undangan ke media asing, untuk mengonfirmasi tanggal peluncuran ini.

Lebih menariknya lagi, Honor tidak hanya meluncurkan satu jenis smartphone pada 5 September mendatang. Pada kesempatan yang sama, Honor juga memperkenalkan versi lebih canggih dari smartphone ini, yang akan diluncurkan ke pasar sebagai Honor 8X Max.

Dijelaskan, smartphone buatan perusahaan asal Tiongkok itu akan langsung menggunakan sistem operasi OS Android 8.1 Oreo.

Bocoran Honor 8X sendiri sudah sering muncul ke permukaan. Smartphone ini dikabarkan bakal menawarkan resolusi layar 2244 x 1080 piksel, yang artinya Honor 8X akan memiliki rasio layar 18.7 : 9. Honor 8X akan memiliki bodi berdimensi 177,57 x 86,24 x 8,13 mm dan bobot 210 gram.

Meski belum ada informasi yang jelas mengenai hardware, dikabarkan Honor 8X dan 8X Max tidak lagi menggunakan prosesor seri Kirin terbaru milik Huawei.

Honor 8X dan 8X Max Hadir Awal Bulan September
Honor 8X dan 8X Max yang akan hadir di awal September

Dari data yang diajukan TENAA (badan setara FCC di Tiongkok), Honor 8X akan mempunyai dual camera (16MP + 2MP) pada bagian belakang, dan kamera selfie dengan 8MP. Untuk mendukung performa smartphone sehari-hari, Honor menyematkan baterai 4.900 mAh.

Kedua smartphone ini sudah menggunakan sensor sidik jari fisik di bagian belakang, serta sejumlah opsi konektivitas seperti Wi-Fi, Bluetooth, 4G VoLTE, dan audiojack 3.5mm.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Honor 8X dan 8X Max akan menjadi smartphone teranyar yang bakal Honor ungkap selanjutnya.

Salah satu smartphone baru Honor ini hadir dengan bentuk notch unik. Tampil di TENAA, smartphone dengan model ‘ARE-AL00’ akan memiliki bentuk desain yang ramping.

Walaupun tidak ada keistimewaan dari posisi dual camera belakang dan sensor sidik jari, smartphone ini diketahui mengadopsi trend notch ke dalam desainnya.

Bedanya dari perusahaan lain yang mengadopsi notch di perangkatnya, Honor diketahui “meminjam” desain waterdrop milik Oppo.

Ada kemungkinan, potongan dari notch berbentu huruf V tersebut akan disematkan pada Honor 8X. sedangkan Honor 8X Max, akan memiliki desain notch yang konvensional.

Bocoran kedua smartphone ini belum banyak terungkap. Akan tetapi, Honor tidak akan menyematkan chip Kirin 710 untuk keduanya.

Honor 8X dikabarkan akan hadir dengan layar LCD berukuran 6,5 inci dan baterai 3.500 mAh. Sedangkan pada Honor 8X Max masih belum ada informasi lebih.

Untuk harga dari kedua smartphone ini kemungkinan besar akan dibanderol pada angka USD200 (Rp2,9 juta). (RH)