Penjambretan bisa menimpa siapa saja. Apalagi di zaman sekarang, yang semakin marak dengan aksi kriminalitas yang serba nekat. Kaum hawa pun kerap menjadi sasaran. Tak pandang tempat ramai atau sepi, jambret tak peduli dan kerap beraksi.

Tas, ponsel, kalung bisa jadi target penjambretan. Dengan motor, para jambret lazim kabur untuk menghilangkan jejak.

Sebagai solusi, perusahaan Malaysia bernama Ash Be Nimble membuat perangkat elektronik yang berbentuk gantungan tas yang dinamakan Handbag Dyenator. Produk ini bisa dimanfaatkan setelah tas yang dijambret berpindah tangan ke si pencuri.

Cara kerjanya sederhana, Kamu tinggal menggantungkan Handbag Dyenator ke salah satu bagian tas. Sehingga kemanapun tas pergi bisa selalu terdeteksi.

Tapi sebelumnya, Kamu harus mengoneksikan Handbag Dyenator dengan ponsel dan memasang kartu SIM. Bila sudah terhubung, gantungan tas ini siap digunakan.

Saat Kamu mulai mencurigai orang yang tak dikenal membuntuti, sebaiknya mulailah berwaspada. Selanjutnya, instruksikan Handbag Dyenator untuk mengeluarkan asap merah.

Lewat pesan singkat, ponsel bisa memerintahkannya untuk mengepul. Sehingga bisa membuat bingung si penjambret.

Dengan begitu, jambret bakal mengurungkan niatnya. Namun, jika si jambret nekat beraksi dan tetap mengambil tas, asap merah akan terus mengepul dan meninggalkan jejak buat si  motor dan baju sang jambret.

Polisi dan masyarakat pun lebih mudah untuk mengidentifikasi si pelaku dan membantu korban. Gantungan tas ini juga dilengkapi dengan GPS, sehingga lebih mudah melacak keberadaan si pencuri.