Bahaya mengancam pengguna Instagram. Sebanyak ratusan pengguna terkena peretasan. Instagram diretas, para hacker mencoba masuk ke akun Instagram dan membajak email dan mengubahnya dengan domain Rusia.

Anehnya, dari peretasan tersebut taka da yang berbeda dari akun yang sudah dibajak. Taka da unggahan foto baru ataupun penghapusan foto lama di akun tersebut.

Pengguna hanya sadar ketika semua akses masuk sudah diganti oleh para hacker. Mulai dari kata sandi, alamat email, dan nomor telepon telah berubah.

Bahkan ada beberapa email yang diganti dengan domain rusia menjadi “mail.ru” sebagai komponen terakhir alamat. Pun di kasus yang berbeda, ada bio yang dihapus dan foto profilnya diganti dengan karakter Disney.

Dikutip dari Mashable, belum diketahui siapa saja peretas yang  terlibat. Apakah individu, kelompok, atau malah lebih besar lagi?

Sementara untuk bantuan dari pihak Instagram, pengguna bisa menggunakan nama pengguna dan email asli pada halaman “Get Help Logging In”. Instagram mengatakan, setelah mengetahui akun yang diretas, akses dimatikan dan jaringan akan memulai proses remediasi.

Peretasan di Instagram memang jarang terdengar. Bahkan Instagram mengklaim bahwa tidak melihat lonjakan karena jumlah akun yang diretas.