teqnoforia.com Google akhirnya umumkan sistem operasinya terbarunya. Android P yang sudah lama digembor-gemborkan ternyata kependekan dari kata Pie.

Sistem operasi mutakhir besutan Google ini sudah tersedia lewat update over-the-air untuk perangkat seri Pixel milik Google saja.

Dibandingkan dengan sistem operasi terdahulu, sistem operasi terbaru ini usung pembaruan dari berbagai macam aspek.

Berikut 9 fitur anyar Android Pie

1. Fitur Dark Mode

Pada sistem operasi sebelumnya (Oreo), Google sediakan opsi Dark Mode yang dapat diaktifkan dengan memilih fitur wallpaper terlebih dahulu.

Namun sayangnya fitur tersebut kemudian ditarik pada sistem operasi Oreo. Kini fitur Dark Mode telah muncul kembali di Android Pie.

Cara aktifkan fitur Dark Mode pada sistem operasi Android Pie sangat mudah. Kamu cukup buka opsi Display di menu Settings.

Setelah masuk menu Settings, pilihlah menu Device Theme, kemudian pilih diantara 3 opsi yang ada (automatic, light, dark).

2. Mengedit screenshot

Sistem operasi Android Pie masih dukung pengambilan screenshot dengan cara menahan tombol power dan tombol volume down secara bersamaan.

Selain hal tersebut, di sistem operasi tersebut ada fitur terbaru yang berguna untuk mengedit screenshot.

Setelah Kamu melakukan screenshot, seketika dilayar smartphone Kamu akan muncul tombol edit yang berfungsi untuk mengedit hasil screenshot.

Opsi penyuntingan yang disediakan antara lain, ada crop, highlight, dan juga drawing. Hal tersebut dapat mudahkan Kamu untuk menyunting screenshot sebelum dibagikan.

3. Fitur Lockdown

Ada fitur sekuriti baru yang dimiliki pada sistem operasi Android Pie yakni fitur Lockdown.

Fitur Lockdown akan mengunci smartphone, kemudian menonaktifkan fitur Fingerprint Scanner dan Voice Unlock, serta tak tampilkan notifikasi sama sekali.

Saat smartphone terkunci, Kamu harus masukkan kunci default seperti PIN atau pattern.

Cara aktifkan fitur ini sangat mudah. Bukalah opsi Security and Location yang berada di menu Settings. Kemudian pilih Lock Screen Preference dan aktifkan Show Lockdown.

4. Fitur kunci rotasi

Sistem operasi Android Pie dapat mengunci tampilan dalam orientasi tertentu. Terdapat tombol khusus yang terdapat di pojok atas layar yang berguna untuk aktifkan kunci rotasi.

Dengan begini Kamu tak usah membolak-balikan smartphone akibat tampilan smartphone berubah dari mode potrait ke mode landscape.

Fitur kunci rotasi baru dapat Kamu temukan pada sistem operasi Android Pie saja. Sistem operasi terdahulu belum sematkan fitur anyar seperti ini.

5. Fitur Smart Reply

Google terapkan tampilan yang serba membulat pada sistem operasi Android Pie, termasuk dalam bagian Quick Settings dan juga Tray Notification.

Tema visual material design yang terdapat dalam sistem operasi besutan Google ini memang tambahkan white space dan sudut membulat.

Tampilan Settings-nya pun kini tampilan ikon yang lebih colorful. Berbicara notifikasi, pada sistem operasi ini mampu tampilkan konten gambar dari aplikasi beserta opsi reply.

6. Fitur Simulate Notch

Dengan hadirnya tren smartphone yang miliki poni alias notch, sistem operasi Android Pie sediakan fasilitas simulasi notch untuk developer.

Fasilitas tersebut sengaja Google sediakan agar Kamu dapat melihat tampilan smartphone berponi.

Cara aktifkan fitur ini sangat mudah, yakni dengan aktifkan Developer Mode. Kemudian aktifkan opsi Simulate a Display with a cutout pada bagian Drawing.

7. Fitur Digital Wellbeing

Fitur ini sebenarnya tak diterapkan secara default pada sistem operasi Android Pie. Kamu bisa dapatkan fitur tersebut dengan ikut serta dalam program beta dengan syarat miliki smartphone Pixel.

Digital Wellbeing memiliki tujuan untuk kurangi konsumsi smartphone oleh para pengguna, lewat dashboard khusus yang tampilkan fitur-fitur pendukung.

Fitur-fitur pendukung yang dimaksud di sini seperti App Timer, Do Not Disturb, dan juga Wind Down.

8. Fitur navigasi berbasis gestur swiping

Sistem operasi Android Pie sediakan fitur alternatif yakni navigasi berbasis gestur swiping.

Sapukan jari ke arah kanan jalankan fungsi back, lalu sapukan jari ke arah kiri akan jalankan fungsi berganti ke aplikasi yang terbuka, kemudian sapukan jari ke atas jalankan fungsi Recent Apps atau App Drawer.

Tombol elips kecil yang terdapat di tengah layar berfungsi seperti tombol home fisik pada umumnya yakni akan membawa Kamu ke layar utama.

Dengan begini bagi Kamu yang bosan dengan 3 tombol navigasi, bisa gunakan fitur navigasi ini.

9 Fitur Adaptive Battery

Fitur Adaptive Battery pada sistem operasi Android Pie gunakan teknologi Artificial Intelligence (AI) yang berfungsi untuk melacak pola Kamu saat menggunaan aplikasi.

Aplikasi yang Kamu sering gunakan akan mendapat prioritas resource dan baterai untuk berjalan di latar belakang. Hal ini ditujukan untuk tingkatkan efisiensi daya dan menghemat konsumsi baterai.