teqnoforia.com – Setelah diumumkan saat konfrensi Google I/O Mei 2018 lalu, banyak pihak yang menerka kepanjangan dari sistem operasi Android versi ke 9 atau Android P.

Akhirnya Google telah sahkan Android P menjadi Android Pie. Pie dikenal sebagai salah satu jenis makanan manis yang biasa dihidangkan sebagai menu penutup.

Android Pie mulai tersedia dalam versi official release mulai hari ini. Sayangnya, OS terbaru besutan Google ini baru dapat dinikmati hanya pada smartphone Pixel lewat update over-the-air.

Update Android Pie untuk beberapa smartphone lainnya akan menyusul belakangan.

Beberapa daftar pabrikan Android yang ikut serta dalam program Android P Beta antara lain ada Xiaomi, OPPO, OnePlus, Sony, Nokia, Vivo, dan juga Essential.

Seperti yang dilansir dari The Verge, Google mengklaim beberapa pabrikan Android yang mengikuti program Beta Android P akan memperoleh update dalam waktu dekat.

Fitur-fitur anyar yang terdapat dalam Android Pie salah satunya ada Dark Mode yang akan mengubah tampilan UI smartphone Kamu menjadi serba gelap.

Tradisi Google menamakan sistem operasinya dengan berbagai jenis makanan manis sudah sangat kentara dari dulu.

Sebelum Android P, ada Android O (Oreo), Android N (Nougat), Android M (Marshmallow), Android L (Lollipop), dan masih banyak sistem operasi lainnya dari nama makanan manis.