Tidak dapat dipungkiri keberadaan notch alias poni pada smartphone kini tengah menjadi sebuah tren. Para produsen smartphone membuat ponsel dengan model yang terlihat menjorok di bagian atas layar untuk mengikuti pasar saat ini.

Lalu, siapa yang menjadi jagoan sebagai ponsel berponi yang paling banyak terjual?Menurut dari pusat riset Sigmaintell Consulting, Huawei memiliki angka penjualan ponsel dengan notch terbesar selama paruh tahun 2018.

Vendor smartphone asal China ini menjual sekitar 25,4 juta unit smartphone berponi dengan mengalahkan Apple, Oppo, Vivo, dan Xiaomi.

Dilansir dari Digitimes, Jumat (2/7/2018), secara keseluruhan selama paruh tahun 2018 ini ada 86,1 juta unit smartphone dengan notch yang terjual. Hal ini membuat Huawei berhasil menjual lebih dari 25 persen dari total keseluruhannya.

Apple sebagai vendor pertama yang memperkenalkan notch, berada di peringkat kedua dengn penjualan sebanyak 20,7 unit hingga pertengahan tahun ini.

Jika dilihat dari jumlah produk yang dibuat, sangat wajar jika penjualan Huawei melampaui Apple. Karena, Huawei didukung dengan beberapa seri smartphone yang memiliki notch, ditambah lagi dengan anak perusahaannya, yaitu Honor yang juga menyumbang angka penjualan.

Sangat berbeda dengan Apple yang hingga saat ini hanya memiliki satu smartphone, yaitu iPhone X. Harganya sendiri berada di atas rata-rata, tidak seperti Huawei yang memiliki harga yang berbeda-beda.

Selain itu, kedua brand tersebut bisa mempertahankan angka penjualan mereka di tengah-tengah pasar smartphone yang semakin menurun. Berdasarkan catatan dari Sigmaintell, jumlah smartphone yang terjual hingga pertengahan 2018 diperkirakan ada sekitar 604 juta unit.

Angkat tersebut turun sebanyak 3,3 persen dari periode yang sama di tahun 2017 lalu. Di kuartal II 2018, Huawei juga memiliki catatan impresif. Brand ini berhasil mengalahkan Apple sebagai vendor dengan jumlah pengapalan smartphone tertinggi kedua di dunia.

Data dari Canalys mengatakan bahwa Huawei berhasil mengapalkan 54 juta unit selama kuartal II tahun ini. Angka ini berada di belakang Samsung yang berada di posisi pertama dengan pengapalan 73 unit. Lalu, Apple berhasil mengapalkan 41 juta unit smartphone dan berada di posisi ketiga. (RH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here