Menganggap bahwa Instagram merupakan media sosial favorit kamu sah-sah saja. Bahkan banyak orang saat ini mencari uang atau bekerja secara profesional melalui Instagram.

Namun, pasti kamu pernah mendengar atau tahu bahwa banyak akun selebgram dihack, kan? Salah satu tujuan hacker menyadap Instagram seseorang adalah untuk mendapatkan akun yang di hack dan menjualnya kepada orang lain untuk dijadikan akun online shop.

Untuk membuat kamu lebih berhati-hati, teqnoforia.com akan memberi tahu cara hack Instagram yang biasa dipakai oleh hacker. Disimak ya ulasannya!

  1. Aplikasi Auto Like/Auto Followers

6 Cara Menyadap Instagram yang Biasa Digunakan Hacker
ilustrasi

Kamu yang pernah menggunakan aplikasi ini secara otomatis di Instagram, ada kemungkinan besar akun Instagram kamu dapat dihack dengan mudah.

Dengan hanya memasukkan kata sandi ke aplikasi ini untuk menambah like atau followers, maka password kamu akan terekam di sistem hacker.

  1. Social Engineering

6 Cara Menyadap Instagram yang Biasa Digunakan Hacker
ilustrasi

Ini merupakan metode terbaru dalam dunia hacking. Biasanya cara hacking seperti ini akan dimulai dengan obrolan biasa via kolom komentar atau DM si korban.

Setelah tahu kebiasaan dan tingkah laku korban dalam membuat password, maka pada saat itu hacker akan mengambil alih akun Instagram si korban.

Mulai saat ini kamu harus lebih berhati-hati apabila ada orang yang tidak kamu kenal bertanya mengenai hal pribadi dan privat ya.

  1. Keyloggers dan Phishing

6 Cara Menyadap Instagram yang Biasa Digunakan Hacker
ilustrasi

Cara paling ampuh yang ini biasa dipakai hacker untuk meretas akun Instagram adalah menggunakan Keylogger dan Phishing.

Teknik Phishing merupakan sebuah teknik hacking menggunakan halaman log in pada situs palsu yang menyerupai situs aslinya,

Setelah berhasil kena Phishing selanjutnya bisa menggunakan Keylogger untuk merekam segala aktivitas pengguna komputer, termasuk mencatat password Instagram kamu.

  1. Password Guessing

6 Cara Menyadap Instagram yang Biasa Digunakan Hacker
ilustrasi

Cara hack Instagram ini cara paling standar yang dapat dilakukan untuk hack akun Instagram.

Dengan secara paksa memasukkan password berkali-kali dengan menggunakan teknik Dictionary atau Bruce Force Attack.

Dengan teknik ini, para hacker akan berusaha sebisa mungkin memasukkan password secara random (baik angka, huruf maupun symbol) sebanyak-banyaknya hingga akhirnya akun Instagram kamu dapat dibuka oleh hacker.

  1. Exploiting Password Reuse

6 Cara Menyadap Instagram yang Biasa Digunakan Hacker
ilustrasi

Saat kamu menggunakan password yang sama persis untuk banyak akun media sosial, kemungkinan hacker dapat membobol akun Instagram kamu lebih besar.

Hacker akan sangat dengan mudah menyadap akun Instagram kamu apabila sebelumnya akun media sosialmu yang lain pernah di hack.

Jadi mulai sekarang, jangan pernah membuat satu password yang untuk banyak akun yang kamu pakai di internet.

  1. Metode Forget Password

6 Cara Menyadap Instagram yang Biasa Digunakan Hacker
ilustrasi

Cara hack Instagram yang satu ini juga sangat sederhana. Hacker hanya perlu menekan fitur ‘forgot password’ pada akun Instagram kamu.

Setelah itu Instagram kamu akan mengirim email notifikasi bahwa kamu melakukan ‘forgot password’ dan perlu menggantinya.

Saat ini hacker akan mengirimkan email palsu seakan-akan email tersebut adalah email resmi dari Instagram. Nyatanya, kamu sedang dijebak memasukkan password ke sistem mereka untuk dihack.

 

Hacker akan melakukan segala jenis cara untuk dapat menyadap dan meretas privasi orang lain. Kamu harus waspada dan lebih berhati-hati dan memberikan privasi lebih kepada setiap akun media sosial kita. (RH)