Data terbaru Google terkait system operasi sudah dirilis.  Android Oreo menyumbangkan kontribusi paling besar. Android versi 8,0 dan 8,1 ini menghasilkan 12,1%. Sama dengan kontribusi Nougat di tahun lalu.

Sementara itu, Nougat rajai pasar Android. Versi 7.0 dan 7.1-nya menyerap 30% dari pangsa pasar yang ada. Dibawahnya, Marshmallow 6.0 memiliki kontribusi 23,5%, Lollipop 5.0 dan 5.1 20,4% dan KitKat 4.4 sebanyak 9,1%. (lebih lengkap, lihat tabel red)

Nougat Rajai Android di DuniaSemua data yang ada ini dikumpulkan selama tujuh hari. Dan berakhir pada 23 Juli 2018. Sedangkan, versi Android dengan kontribusi minor dan kurang dari 0,1% tak dimuat dalam laporan.

Di lain sisi, Google sedang menyiapkan Android P sebagai penerus Oreo. Namun, hingga sekarang nama resmi dari Google belumlah dimunculkan. Beragam spekulasi pun berseliweran. Nama manisan Pistachio Ice Cream untuk Android P menjadi rumor yang santer terdengar.

Rumor tersebut semakin santer ketika salah satu mitra Google, yakni Huawei tak sengaja menyebutnya ketika menjawab pertanyaan tentang pembaruan Android untuk smartphone-nya. Huawei menyebut Android P dengan nama Pistachio.

Sayangnya, hingga saat ini belum ada kelanjutan mengenai nama Android P yang akan digunakan Google ke depannya. Penasaran? Sepertinya Pistachio nama yang bagus.