Teknologi kecerdasan buatan (AI) makin lama memang akan merambah ke seluruh sendi kehidupan manusia. Terlebih di aspek  photography yang memang sedang dikembangkan secara massif. Kini, AI jadi Juri Kontes Fotografi!

Dilansir dari PetaPixel (17/7), kompetisi tersebut diberi nama “Spark a RenAIssance Photo Challenge.” Ajang ini menjadi kontes pertama yang menggunakan AI sebagai jurinya.

Saat masuk ke meja penjurian, semua foto akan dinilai oleh Huawei P20 Pro. Setelahnya, baru juri professional dari Leica akan terlibat melakukan evaluasi.

Teknologi Master AI dari Huawei inilah yang digunakan untuk menganalisa foto kontes yang diajukan untuk kualitas estetika, menentukan skor “kecantikan” untuk setiap gambar.

Terdapat 5 tantangan yang harus dilalui oleh semua foto lewat Master AI yaitu A New RenAIssance, After Dark, Deep in Detail, Moment in Time, and Wide-Eyed World.

Salah satu tantangan yang menarik adalah A New RenAIssance. Di tantangan ini para fotografer diminta untuk memotret foto yang terinspirasi dari periode Renaissance di Italia.

Jika foto berhasil menarik perhatian smartphone Huawei P20 Pro dan fotografer Leica. Maka smartphone Huawei P20 Pro bisa dibawa pulang plus mengikuti Leica Masterclass di Florence, Italia.