Playstation 5 memang banyak menimbulkan spekulasi. Diantaranya yang sedang hangat, menyoal penggunaan CPU AMD sebagai otak berpikirnya. Rumor ini terus berkembang tatkala Sony tidak membantah adanya penggunaan perangkat keras tersebut.

Bahkan menurut laporan yang beredar, Playstation 5 (PS5) akan menggunakan CPU AMD dengan arsitektur Zen yang akan tandem dengan GPU Navi. Dan saking eksklusifnya, AMD malah mengembangkan GPU dengan aristektur Navi tersebut khusus untuk PS5.

Dilansir Forbes, Jumat (15/6/2018), pihak pemberi bocoran ini memang merupakan seseorang yang datang dari industry. Jadi besar kemungkinan rumor ini ada benarnya. Sebelumnya, Sony dan Playstation-nya juga pernah diisukan akan menggunakan duet CPU dan GPU besutan AMD.

Usut punya usut, kolaborasi Sony dengan AMD untuk Navi sebenarnya sudah berlangsung cukup lama. Bahkan muncul dugaan, sejak Raja Koduri masih menjabat sebagai bos Radeon Technologies Group. Koduri sendiri sudah mengundurkan diri dari AMD di penghujung 2017. Ia sekarang bergabung ke Intel.

Dalam kabar yang berhasil diterima, pihak AMD dan Sony masih belum menentukan SoC yang akan dikhususkan untuk PS5 berisi CPU Zen atau menggunakan komponen lain.

Terlalu dini memang untuk menyimpulkan PS5 saat sekarang. Pasalnya, Sony sendiri belum membuka informasi terkait hadirnya konsol tersebut dalam waktu dekat.