Snapchat Hadirkan Fitur Anyar AR Lens Explorer

0
637
Lens Explorer
aplikasi Snapchat

Baru-baru ini Snapchat kembali meluncurkan fitur baru demi membuat para penggunanya tidak meninggalkan aplikasi ini. fitur baru Snapchat ini dinamakan Lens Explorer.

Fitur ini diciptakan Snapchat untuk menjadikan jejaring sosialnya lebih terbuka, dengan memungkinkan para pengguna dapat mengakses langsung Lensa atau filter buatan para penggemar Snapchat.

Aplikasi Snapchat bukanlah sosok asing di bidang Augmented Reality (AR). Aplikasi ini sudah menyediakan fitur lens sejak lama, dan menjelang akhir tahun kemarin, mereka meluncurkan aplikasi Mac dan Windows bernama Lens Studio.

Evan Spiegel selaku pemimpin perusahaan ini dan rekan-rekannya merilis Lens Kit pada tahun 2017 lalu.  Lens Kit yang bisa memungkinkan pengguna untuk merancang filter wajah maupun objek AR interaktif versinya sendiri untuk dipakai di Snapchat.

Semenjak Lens Studio diluncurkan, sudah lebih dari 100 ribu Lens unik yang dikumpulkan oleh para kreator, dan ini semua juga dilihat oleh pengguna Snapchat sebanyak 2,5 miliar kali.

fitur Lens Explorer

Lensa Explorer saat ini baru tersedia di iOS. Untuk menggunakannya, fitur ini akan muncul sebagai sebuah ikon ketika penggunanya mengaktifkan “Lens Carousel” yang ada di aplikasi Snapchat dengan cara meng-klik dan menahan layar.

Pada fitur Lens Explorer memang belum hadir untuk seluruh pengguna Snapchat di seluruh dunia, akan tetapi penggemar Snapchat bisa mencari dan mencoba lensa buatan pengguna ini dengan mencari lensa yang diinginkan pada kolom “Search” atau pada kategori Community Lens.

Beragam lensa atau filter di Snapchat bisa kamu temukan lewat Community Lens. Mulai dari filter untuk dan cantik, hingga filter yang membuat kamu terlihat menyeramkan.

Bagi kamu yang ingin membuat lensa atau filter kreasinya sendiri, kamu bisa mengunduh aplikasi Lens Studio di komputer. (RH)