IPO Xiaomi Dibuka, Posisi Tiga Besar Produsen Smartphone Dunia Jadi Incaran

Dikabarkan Xiaomi akan merambah ke pasar Eropa

0
161
IPO xiaomi

Xiaomi secara resmi mencatatkan sahamnya di bursa efek Hongkong, pada hari Senin (9/7/2018). IPO Xiaomi dibuka dengan evaluasi keseluruhan sebesar 54,3 miliar dollar AS atau sekitar Rp777 triliun.

CFO Xiaomi, Shou Zi Chew mengatakan bahwa IPO tersebut hanyalah awal dari perjalanan panjang Xiaomi selama ini. Terdapat tiga fokus utama yang dijelaskan setelah pendaftaran bursa saham perdana Xiaomi.

Melalui surat terbuka, CEO sekaligus pendiri Xiaomi, Lei Jun mengatakan bahwa pasar smartphone masih memiliki peluang yang sangat menjanjikan. Oleh karena itu, IPO diharapkan dapat memberi dana segar hingga 6 miliar dollar AS, ia juga menargetkan jika Xiaomi mampu menembus tiga besar produsen smartphone dunia.

“Kita harus tetap berjuang keras untuk terus meningkatkan pertumbuhan agar masuk tiga besar teratas pasar global sesegera mungkin,” kata Jun.

Saat ini, Xiaomi tercatat sebagai pabrikan smartphone dengan pasar global terbesar keempat. Pengapalan smartphone dari Xiaomi sudah mencapai 28 juta unit, menurut data kuartal pertama 2018 dari firma riset pasar IDC.

Memperluas Pasar

Vice President Global Xiaomi, Wang Xiang menjelaskan bahwa Xiaomi telah menyebarkan produknya di 74 negara, termasuk dengan pasar Eropa yang mulai dijajal oleh Xiaomi.

IPO Xiaomi

Xiaomi juga berupaya menambah perolehan pangsa di pasar negara berkembang seperti Indonesia. “Saat ini kami juga sukses di Asia Tenggara, seperti Indonesia, Vietnam, Thailand, dan Myanmar adalah pasar baru kami,” kata Wang.

Ia juga menyebutkan beberapa pasar baru Xiaomi di Eropa seperti Polandia, Rusia, hingga Ukraina. Xiaomi juga berencana untuk mengembangkan produknya di negara Eropa lainnya.

Menurut Wang, masih ada peluang pasar bagi Xiaomi untuk ekspansi dengan kisaran nilai sebesar 100 yuan atau sekitar Rp216 miliar di Benua Biru.

Fokus terakhir dari Xiaomi adalah menggebrak pasar global lebih luas lagi dan mampu berkontribusi sebanyak 50 persen dari total pendapatan perusahaan. Pada kuartal pertama tahun 2018, Xiaomi mencatatkan pendapatan globalnya dengan menyumbang 36 persen dari total revenue. (RH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here