Cuma Butuh 3 Langkah Proteksi Gmail dari Pihak Ketiga

0
430
pihak ketiga bisa melihat isi email dari pengguna Gmail

Sebuah laporan dari Wall Street Journal, mengungkapkan bahwa pengembang aplikasi pihak ketiga bisa melihat isi email dari pengguna Gmail. Hal ini dapat terjadi pada siapa saja yang mengunduh aplikasi-aplikasi tersebut dan mendaftar ke layanan tertentu.

Pemilik Gmail, yakni Google mengatakan jika aplikasi pihak ketiga tidak akan membaca e-mail penggunanya, tetapi masih dapat melakukannya dalam “kasus yang sangat spesifik, di mana anda memberi izin atau di mana kami perlu untuk tujuan keamanan, seperti menyelidiki bug atau penyalahgunaan.”

Sebagai informasi tambahan, Google telah menyediakan langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah pihak ketiga membaca isi e-mail di akun Gmail. Berikut langkah-langkahnya.

 

Langkah Pertama

Masuk ke halaman Pemeriksaan Keamanan Google disini.

Halaman ini tidak hanya menampilkan perangkat terbaru dari tempat masuk ke akun Google pengguna, tetapi juga aplikasi pihak ketiga yang mungkin telah diberi izin untuk mengakses informasi akun dan mungkin juga pengguna lupa.

Langkah Kedua

Gulir ke bagian bawah halaman dan klik pada akses pihak ketiga. Pada opsi tersebut, kalian akan melihat daftar semua aplikasi yang memiliki akses ke akun Google/Gmail kalian. Meng-klik setiap aplikasi juga akan menunjukkan kepada kalian mengenai layanan khusus yang dapat diakses oleh aplikasi.

Langkah Ketiga

pihak ketiga bisa melihat isi email dari pengguna Gmail

Jika kalian ingin menghapus akses aplikasi tersebut dari akun Google kalian, maka kalian cukup klik pada bagian Hapus Akses. (RH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here