Fitur Baru Instagram Ancam Snapchat, YouTube, dan Ask.fm

fitur-fitur anyar Instagram bisa mengancam aplikasi pendahulunya

0
816
Aplikasi Instagram

Pada bulan Juni 2018, Instagram menunjukkan jumlah pengguna aktif bulanannya yang tembus sebanyak 1 miliar. Pertumbuhan ini adalah yang paling signifikan dibanding dengan “saudaranya”, yaitu Facebook yang mencapai 2,2 miliar dan juga pesaingnya, Snapchat yang mencapai 191 juta pengguna aktif bulanan.

Fitur unggulan Instagram, yakni Instagram Stories disebut-sebut telah menggandeng 400 juta pengguna aktif harian. Jumlah ini dua kali lipat lebih besar dari jumlah pengguna Snapchat yang lebih dulu memperkenalkan fitur stories.

Instagram sendiri tidak hanya merebut pengguna Snapchat saja, tetapi juga menjiplak fitur-fitur Snapchat di fitur baru Instagram. Setidaknya ada enam fitur baru di Instagram yang menduplikat skema aplikasi pesaing.

  1. Video Chat

Fitur video chat ini sebenarnya sudah banyak diadopsi oleh beberapa aplikasi, seperti LINE, WhatsApp, Face Time, Snapchat, dan Facebook. Di Instagram, fitur ini bisa diakses melalui “Direct Message”.

Instagram menawarkan hal yang menarik di dalam fitur ini dan berbeda dengan aplikasi lainnya. Saat video chat masih berlangsung, pengguna bisa memperkecil jendela video, dan bisa menyusuri feed Instagram di beranda.

2. Efek Filter dan Sticker AR

Pembaruan dari fitur yang satu ini juga dirilis bersamaan dengan video chat dan topic channel. Dengan menggandeng beberapa mitra, seperti penyayi Ariana Grande, BuzzFeed, Baby Ariel, Liz Koshy, dan NBA, Instagram telah merilis efek kamera yang sesuai dengan ciri khas para penyanyi tersebut.

3. Topic Channels di Explore

Bersamaan dengan peluncuran video chat, Instagram juga merombak bagian pencarian atau Explore. Dengan fitur Topic Channels, pengguna jadi lebih mudah untuk mencari konten yang disukai.

Fitur ini hampir mirip dengan fitur “Discovery Page” di Snapchat. Fitur ini memungkinkan penggunanya agar bisa mengakses konten dari penerbit, iklan, dan stories dari orang-orang yang mereka ikuti.

4. IG TV yang Mirip dengan Youtube

Aplikasi ini memang dibuat secara terpisah, tetapi masih bisa diakses dari aplikasi utama. IGTV disebut-sebut akan menjadi pesaing platform berbagi video paling populer saat ini, yaitu Youtube.

Keduanya sama-sama menawarkan kenyamanan dalam menonton video dengan durasi panjang, meskipun ada perbedaan. Di antaranya adalah format video Instagram yang vertikal, penyatuan platform di Instagram dan Facebook, dan durasi video maksimal satu jam.

5. Question

Tidak hanya menduplikat fitur Snapchat dan Youtube, Instagram juga membawa fitur utama aplikasi tanya jawab populer, ask.fm. Instagram sendiri membawa fitur ask.fm ke fitur “Question” yang bisa disematkan di Instagram Stories.

6. Aplikasi Belanja di Stories

Tak hanya meluncurkan sticker dan filter baru, Instagram juga memboyong fitur belanja ke Instagram Stories pada awal bulan Juni kemarin. Di dalam fitur ini, berbagai brand seperti Adidas, hingga Louis Vuitton bisa memamerkan katalog produknya.

Fitur ini hampir sama dengan fitur Shoppable AR di Snapchat yang telah dirilis bulan April lalu. Fitur ini memudahkan para pengiklan untuk menjual produknya melalui fitur “lensa” a.k.a menu filter di Snapchat. (RH)