Pada bulan Juli tahun lalu, produsen kamera bioskop RED mulai merambah dunia gadget dengan membuat smartphone Android pertama.

Smartphone yang dinamai Red Hyrdrogen One tersebut terbilang sangat fanstastis, kenapa? Smartphone yang memiliki layar 5,7 inci menggunakan layar hologram. Ini merupakan hal pertama di dunia smartphone.

Dengan layar hologram akan mampu menciptakan media dua dimensi. Sehingga, untuk menikmati Virtual Reality (VR) atau Augmented Reality (AR) tidak dibutuhkan lagi seperti kacamata atau alat lainnya.

Selain itu, Red Hydrogen One juga menampilkan Mixed Reality (MR) dan hologram sekaligus. Akan tetapi, untuk calon peminat smartphone yang satu ini haruslah bersabar sedikit lebih lama.

Red Hydrogen One tampak belakang

Pasalnya smartphone belakangan sudah mendapatkan sertifikat dari Wi-Fi Alliance untuk standar kompatibilitas dengan perangkat lain.

Dilansir dari Gizchina, dalam sertifikat bertanggal 22 Juni 2018 disebutkan pula bahwa Red Hydrogen One akan menjalankan sistem Android 8.1 Oreo.

Red Hydrogen One muncul pada sertifikat Wi-Fi Alliance dengan nomer model “H1A1000” dengan Red Technologies selaku pakar perangkat dan pemegang sertifikat.

Kemunculan dari sertifikat Wi-Fi Alliance memunculkan spekulasi bahwa Red Hydrogen One akan segera rilis di pasaran.

Rumor yang beredar menyebutkan bahwa smartphone ini akan hadir pada bulan Agustus 2018, tapi belum ada informasi lebih terkait tanggalnya.

Hydrogen One akan menjadi smartphone pertama Red yang sebelumnya sudah terkenal sebagai produsen kamera bioskop melalui seri seperti Epic, Monstro 8K, dan Dragon.

Smartphone Hydrogen One akan dibanderol dengan harga yang cukup tinggi. Untuk versi bodi alumunium akan dihargai USD 1.195 (Rp17 juta), sedangkan dengan varian bodi titanium dihargai USD 1.595 (Rp22,6 juta). (RH)