Pada pagelaran Mobile World Congress 2018 (MWC) beberapa bulan lalu, Sony merilis Xperia XZ2, selang dua bulan perilisan XZ2. Sony kembali meluncurkan Xperia XZ2 Premium.

Sesuai dengan namanya, spesisifikasi yang disuguhkan flagship ini memang masuk kategori kelas atas.

Pada bagian layar, Xperia XZ2 Premium sudah mengusung resolusi gambar tertinggi yakni 4K HDR. Bukan hanya menampilkan gambar resolusi 4K, smartphone ini juga diklaim bisa dipakai untuk merekam video berkualitas 4K HDR.

Xperia XZ2 Premium memiliki dual kamera di bodi belakang yang mendukung sensitivitas tinggi, yang diklaim bisa menghasilkan jepretan cukup baik di kondisi yang gelap sekalipun.

Desain pada Xperia XZ2 Premium hampir mirip dengan perangkat sebelumnya yaitu Xperia XZ2. Dengan menggunakan material kaca di bagian belakang dan tampilan melengkung. Layar pada smartphone ini memiliki ukuran 5.8 inci dengan rasio aspek 16:9.

Lini kamera depan memilik resolusi 13 MP dengan sensor low-light 1/3,06 inci. Sedangkan, dual kamera di bagian belakang memiliki resolusi 19 MP dan 12 MP, yang masing-masing didukung ISO maksimal 51.200 untuk foto dan ISO 12.800 untuk video.

Normalnya, pada sensor kamera di smartphone dengan ISO setinggi itu akan menghasilkan gambar sangat jelek yang dipenuhi noise.

Akan tetapi Sony mengklaim prosesor gambar AUBE yang digunakan dapat dikombinasikan data dari kedua sensor, dan dioptimasi untuk keadaan gelap, yang dapat mengurangi noise sehingga menghasilkan gambar yang layak dilihat.

Seperti kebanyakan smartphone saat ini, yang mengusung dual kamera belakang juga dapat menghasilkan gambar dengan efek bokeh. Selain itu, sensor monokromnya diklaim bisa menghasilkan gambar monokrom yang sangat detail.

Xperia XZ2 Premium rilis bulan Agustus

Fitur lain dari kamera Xperia XZ2 Premium adalah 960fps super slow motion seperti yang ada di flagship Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus.

Dapur pacu pada Xperia XZ2 Premium menggunakan chipset kelas high-end Qualcomm Snapdragon 845 dengan RAM 6GB + ROM 64GB. Sony Xperia XZ2 Premium juga menggunakan sistem operasi Android 8.0 Oreo dan memiliki kapasitas baterai 3.450 mAh.

Pada tanggal 5 Juli 2018 Sony telah merencanakan untuk menggelar sebuah acara dan tidak sedikit yang mengharapkan produsen elektronik asal Jepang untuk mengumumkan harga resmi Xperia XZ2 Premium.

Menurut bocoran yang beredar, Sony akan mulai menggelar penjualan pre-order Xperia XZ2 Premium pada 2 Juli 2018 yang diperkirakan dibanderol dengan harga 6.000 yuan (Rp12 jutaan).

Untuk perbandingan, Sony juga sudah memuat daftar smartphone pada situs resminya di Jepang dan akan dirilis akhir Agustus 2018.

Menggaet NTT DoCoMo, Xperia XZ2 Premium di Jepang dibanderol dengan harga JPY 67.392 (Rp8 jutaan). (RH)