Intel Siap Memasuki Pasar GPU di 2020

Penggunaan GPU-nya untuk bidang lain, seperti Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan, serta Machine Learning (ML)

0
393

Intel dikabarkan sedang mengerjakan proyek terbarunya yang akan hadir dalam bentuk GPU diskrit. GPU tersebut akan siap dirilis pada tahun 2020 mendatang. Hal ini bisa menjadi awalan dari putaran baru di antara persaingan AMD dan Nvidia.

CEO Intel, Brian Krzanich, mengumumkan jika perusahaan yang dipimpinnya berencana untuk masuk ke dalam pasar GPU pada tahun 2020 nanti, sedikit lebih cepat dari perkiraan para analis.

Intel tampaknya siap memberikan sesuatu yang sangat menjanjikan dan perubahan yang cukup signifikan, meskipun langkah tersebut baru terwujud beberapa tahun lagi. Namun, hal ini akan memberi banyak pilihan bagi para penggemarnya.

Lalu, kenapa Intel mulai melirik pasar GPU? Dilansir dari ExtremeTech, penyebab utamanya adalah bukan pasar gaming yang sedang tumbuh belakangan ini. Gaming bukanlah satu-satunya pasar yang diincar Intel melalui GPU terbarunya nanti.

Intel akan berfokus pada penggunaan GPU-nya untuk bidang lain. Bidang baru seperti Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan, serta Machine Learning (ML) merupakan di antaranya. Pasar tersebut saat ini sedang berkembang pesat dan sangat penting bagi Intel untuk tidak ketinggalan di pasar tersebut.

Selain bidang baru, Intel juga diperkirakan akan menargetkan pasar data center. Saat ini, Intel masih menjadi pemimpin di pasar data center dengan penguasaan pasar lebih dari 90 persen pada tahun 2017 lalu.

Data center yang bertujuan khusus seperti pemrosesan big data sangat memerlukan kekuatan komputasi yang sangat tinggi dan hal tersebut hanya bisa diperoleh melalui GPU saja.

Pastinya, Intel sudah merencanakan ini semua dengan matang sejak merekrut Koduri sebagai VP of The Core and Visual Computing Group. Tetapi, apakah GPU Intel bisa menyaingi Nvidia dan AMD? Kita tunggu saja perkembangannya. (RH)