10 Fakta Internet yang Jarang Diketahui Orang

Internet of Things.

0
2873
fakta internet yang jarang diketahui

Sejak dikembangkan pada tahun 1969, internet saat ini sudah berkembang dan menjadi salah satu kebutuhan pokok manusia. Tapi taukah Kamu? Ada fakta internet yang jarang diketahui orang.

Dilansir dari Science Alert, berikut ini adalah beberapa fakta internet yang jarang diketahui oleh orang.

  1. IP Address

Fakta yang paling mendasar dari internet adalah membawa informasi dari satu poin ke poin lainnya. Poin tersebut adalah IP address, yakni kode unik yang mengidentifikasi lokasi di seluruh dunia. Jenis perangkat lain juga bisa terdeteksi jika perangkat tersebut terkoneksi dengan internet.

  1. Melewati Samudera dan Lautan

Pernah terbayangkan betapa rumitnya mengakses internet? Untuk memindahkan informasi yang diminta pengguna, data dari server ke server ini harus melewati samudera dan lautan melalui kabel fiber optik.

Metode ini diklaim lebih cepat dan murah dibandingkan dengan menggunakan satelit. Namun, untuk menanamkan kabel internet di bawah laut bukanlah hal yang mudah. Karena, membutuhkan waktu hampir 200 tahun untuk mengoneksikan seluruh dunia dengan kabel laut dan membutuhkan banyak perawatan.

  1. Setara dengan Jarak Bolak Balik Bumi-Bulan

Jika kabel bawah laut di seluruh dunia disusun memanjang, maka akan bisa mencapai bulan hingga kembali lagi ke bumi dan mengitari titik terluar bumi hampir tiga kali.

  1. 300 Kabel Laut

Untuk internet yang kita gunakan sehari-hari, manusia telah menanam kabel bawah laut sekitar 300 jaringan kabel laut yang total panjangnya sekitar 885 ribu kilometer. Menurut forum Asia-Pacific Economic Cooperation, sekitar 97 persen seluruh data antarbenua disalurkan melalui kabel-kabel tersebut.

  1. Jenis Kabel Laut

Kabel laut paling ringan ditaruh di laut yang paling dalam. Di bagian tengah kabel terdapat serat optik yang berfungsi untuk mengirimkan informasi. Kabel ini juga dilindungi oleh petroleum jelly anti air dan lapisan logam.

  1. Kabel Laut Terpanjang dan Pertama

Kabel terpanjang tersebut ukurannya mencapai 38.600 kilometer. Kabel ini berasal dari Jerman ke Korea hingga Australia Selatan, lalu menempati 39 landing point yang berbeda termasuk Indonesia.

Sedangkan kabel pertama diletakkan pada tahun 1858, kabel ini menghubungkan Irlandia ke Newfoundland di Kanada.

  1. Mampir di Data Center

Saat koneksi internet berjalan, segala informasi apa pun akan dipindahkan melalui web ke server data internet, yang ada pada data center di seluruh dunia. Pada tahun 2008, sekitar 9,5 triliun GB melewati server dunia.

  1. Data Center Memakan Energi

Data center sebenarnya mengonsumsi banyak energi. Apple sendiri baru saja membangun dua data center, mereka membutuhkan 100 hektare instalasi panel surya untuk membantu daya di Data Center Carolina Utara milik Apple.

  1. Gigitan Hiu

Salah satu letak kabel jaraknya hanya 7,62 kilometer dari permukaan laut. Artinya, kabel ini rentan rusak dari bencana alam, korosi, nelayan, dan juga gigitan hiu. Perbaikan terus dilakukan oleh kapal khusus yang menarik kabel ke atas, lalu memotongnya menjadi dua. Nantinya, dua bagian ini akan diperbaiki.

Dari bawah laut, kabel akan tersambung ke bagian bawah tanah untuk menuju ke data center. Dibandingkan bawah laut, kabel bawah tanah lebih mudah.

  1. Data Center

Ada fakta internet yang jarang diketahui, diantaranya data center yang penuh server dan router. Udara panas dan dingin akan berada di mana-mana nantinya. Salah satu yang harus diperhatikan adalah langit-langit data harus memiliki tinggi 3-4 meter untuk mendukung kenaikan panas dari server. (RH)