4 Cara Membersihkan dan Merawat Earphone Agar Tetap Awet

Mau earphone kamu nggak cepet rusak? ikuti langkah-langkahnya ya guys

0
729

Earphone adalah salah satu alat penyokong hiburan yang penting. Bersama dengan smartphone, kedua benda ini ibarat dua sejoli yang tak bisa dipisahkan. Bermultimedia pun bisa  terselenggara dengan lancar tanpa kendala.

Selain itu, earphone juga bisa berfungsi untuk menerima atau melakukan panggilan telepon agar lebih mudah. Kualitas suara yang dihasilkan juga lebih bagus dan minim noise.

Tapi, tahukah Kamu kalau ternyata earphone merupakan salah satu aksesoris yang gampang rusak? Merawatnya pun harus dilakukan secara berkala. Jika tidak, earphone Kamu bisa mudah bermasalah.

Apa saja yang harus dilakukan? Yuk ikuti langkah sederhananya.

 

  1. Jangan Asal Menggantung Kabel Earphone

Tips merawat earphone yang pertama, disaat Kamu sedang tidak menggunakan earphone, pasti Kamu suka menggantung kabel earphone di sembarang tempat, seperti di gantungan baju atau celana di dalam kamar Kamu.

Kalau Kamu tidak hati-hati saat ingin mengambil atau menariknya, biasanya kepala earphone akan nyangkut sehingga menyebabkan kabel di kepala earphonenya akan mudah putus.

Amannya, letakkan earphone di tempat yang layak, seperti meja atau di laci lemari dengan cara menggulungnya secara rapih.

  1. Gulung Kabel Earphone Dengan Rapih Sebelum Menyimpannya

Beberapa dari Kamu biasanya akan menggulung kabel earphone secara asal-asalan, atau bahkan ada yang hanya meremasnya lalu disimpan begitu saja.

Jika iya, lebih baik Kamu jangan melakukan hal itu lagi. Karena kabel earphone Kamu akan ruwet, melintir, dan rawan putus.

Karena itu, pastikan Kamu menggulung kabel earphone dengan benar lalu ikat menggunakan ikatan berupa perekat yang biasa yang biasanya sudah tersedia di earphone.

  1. Simpan Earphone Kamu di Tempat Semestinya

Dengan menyimpan aksesoris seperti yang satu ini harus di tempat yang seharusnya. Beberapa earphone biasanya dilengkapi dengan kotak atau kantung khusus untuk media penyimpanannya.

Jangan menyimpan earphone di tas bercampur dengan aksesoris, misal charger, pulpen dan sebagainya. Kabel earphone rata-rata akan berantakan sehingga rapuh dan mudah putus, jika salah menarik ketika tersangkut dengan benda lainnya.

Selain itu, sangat disarankan jangan menyimpannya di dalam saku celana atau kemeja.

  1. Selalu Rajin Bersihkan Kepala Earphone

Tips terakhir dan yang paling penting supaya earphone Kamu tidak cepat rusak adalah dengan rajin membersihkan bagian kepala earphone secara berkala.

Kamu bisa menggunakan air hangat yang sudah di campur dengan cairan disinfektan secukupnya untuk membersihkan bagian tersebut.

Gunakan lap halus, atau kapan lalu diusap dengan menggunakan campuran cairan tadi secara perlahan. Kemudian keringkan dengan cara di angin-anginkan.

Pada bagian kotoran yang menempel dan sulit di lap Kamu bisa menggunakan bantuan cotton buds atau tusuk gigi agar kotoran yang menempel bisa tercabut.

 

Selain tips-tips diatas, penggunaan earphone juga akan mempengaruhi usia atau masa pakai earphone. Usahakan kalau menggunakan earphone jangan mengatur volume terlalu keras.

Karena bisa mengakibatkan rusaknya speaker dan komponen internal earphone. Bukan hanya itu, jika terlalu keras volume-nya tidak baik untuk kesehatan gendang telingan Kamu. (RH)