Identifikasi, Smartphone Kamu Asli atau Replika

Nggak mau kan kamu merasa di bohongi saat membeli smartphone baru?

0
406

Produk smartphone kian hari semakin banyak di pasar Indonesia. Dimulai dari yang harganya murah, hingga yang termahal. Namun, tidak semua smartphone yang ada di pasaran saat ini merupakan produk asli buatan vendor, melainkan replika.

Sulit memang membedakan replika dengan smartphone asli, tetapi ada beberapa hal yang bisa Kamu kenali dari smartphone replika. Inilah beberapa di antaranya.

  1. Smartphone replika dijual dengan harga murah

Kamu pernah menemukan smartphone flagship seperti Samsung Galaxy S7 atau iPhone 7 yang dijual dengan harga 2 atau 3 jutaan? Padahal, smartphone tersebut tidak dijual dengan harga murah.

Jika Kamu menemukan smartphone flagship semacam ini, jangan langsung membelinya. Karena, sudah jelas jika smartphone tersebut adalah replika.

  1. Mengecek “Kecacatan” di bodi smartphone replika

Meskipun bodi smartphone replika sangat mirip dengan bodi smartphone asli, pastinya akan selalu ada ‘cacat’. Kamu harus teliti sebelum membeli smartphone tersebut, karena ada saja bentuknya yang tidak mirip dengan smartphone aslinya.

  1. Cek nomor IMEI smartphone

Jika Kamu membeli smartphone dengan harga yang murah, berarti Kamu wajib untuk mengecek nomor IMEI di smartphone Kamu dengan menekan tombol *#06# di smartphone.

Jika sudah muncul, Kamu bisa mencocokan nomor IMEI yang ditampilkan di layar smartphone dengan yang ada di kotak smartphone.

  1. Melihat fitur kamera

Kamera dari smartphone flagship asli pasti kualitasnya akan lebih bagus, berbeda dengan kualitas kamera di smartphone replika. Kamu juga bisa menguji keaslian smartphone flagship dengan metadata fotonya.

Jadi, kalau metadata dan spesifikasinya tidak sesuai dengan smartphone yang Kamu beli, berarti smartphone tersebut adalah replika.

  1. Pakai aplikasi ketiga untuk cek keaslian Smartphone

Kamu juga bisa memastikan keaslian smartphone Kamu dengan bantuan aplikasi pihak ketiga, yaitu AnTuTu Benchmark atau CPU-Z.

Untuk AnTuTu, biasanya saat digunakan akan menampilkan hasil pengujian berupa data dan performa.

Sementara itu, aplikasi CPU-Z akan membantu Kamu untuk mengetahui informasi dan spesifikasi seputar smartphone. (RH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here