Cloud Storage, Simpan di Awan Agar Mudah Mengakses

Cloud Storage disimpan dalam sebuah server yang biasanya dikelola oleh pihak ketiga

0
673

Cloud Storage merupakan metode penyimpanan data di sejumlah server yang dikelola oleh pihak penyedia layanan. Untuk mengakses data yang disimpan di server ini juga membutuhkan koneksi internet.

Peran teknologi dalam kehidupan manusia saat ini semakin meningkat. Imbasnya, kebutuhan penyimpanan data seperti dokumen, foto, dan video menjadi hal penting. So, bila data tersebut penuh di memori internal, cloud storage bisa jadi jawabannya.

Kamu bisa mencoba sarana penyimpanan data yang saat ini sedang populer, yaitu Cloud Storage. Informasi di dalam Cloud Storage disimpan dalam sebuah server yang biasanya dikelola oleh pihak ketiga, yakni perusahaan hosting.

Cara Kerja Cloud Storage

Ketika Kamu menyimpan data di layanan Cloud Storage, Kamu sudah mengirim salinan data tersebut melalui internet ke server milik pengelola layanan Cloud. Jika Kamu ingin mengakses data tadi, server akan memberikan akses untuk mengunduh atau mengubahnya.

Untuk melayani penggunanya, layanan ini menggunakan lebih dari satu server yang terdapat di sejumlah lokasi berbeda, namun tetap beroperasi dan bisa Kamu akses di mana saja.

Keunggulan Cloud Storage

Cloud Storage semakin dipertimbangkan sebagai solusi penyimpanan data. Pada tahun 2017 lalu, layanan Cloud Storage pribadi telah digunakan oleh lebih dari 1,7 miliar orang di seluruh dunia. Jumlah penggunanya pun akan terus meningkat hingga melebihi 2,3 miliar orang pada tahun 2020 nanti.

Keuntungan Menggunakan Layanan Cloud Storage

Cloud Storage memiliki keunggulan jika dibandingkan dengan penyimpanan data konvensional, yaitu:

  • Kamu bisa mengakses data milik Kamu dari perangkat apa pun dan di mana pun, asalkan tetap terkoneksi dengan internet. Jika salah satu perangkat Kamu hilang atau rusak, Kamu tetap bisa mengakses data yang disimpan di server dengan perangkat lain.
  • Data atau dokumen yang tersimpan di Cloud bisa Kamu bagikan dengan orang lain secara mudah. Kamu juga bisa mengatur akses orang lain untuk melihat, mengedit, dan berkomentar di dokumen yang Kamu bagikan.

Kemudahan dalam mengakses dan berbagi di Cloud Storage berarti keamanannya tidak terjaga. Layanan Cloud Storage menyediakan berbagai fungsi untuk memastikan keamanan serta privasi data milik Kamu.

Empat Layanan Cloud Storage yang Terkemuka

Jika Kamu ingin mencoba menggunakan Cloud Storage, Kamu dapat memulainya dengan memilih beberapa layanan populer ini, antara lain:

  • Dropbox
  • iCloud
  • OneDrive
  • Google Drive

Setiap layanan tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi, Kamu tertarik untuk menggunakan layanan Cloud Storage atau tidak? (RH)