iOS 12 Punya Fitur yang Bisa Mencegah Kecanduan iPhone

0
446

WWDC 2018 di San Jose, Amerika Serikat, baru saja selesai dipresentasikan dengan detil yang menarik. Apple membuka acara ini dengan memperkenalkan iOS 12 untuk kamu pengguna iPhone, iPad, dan iPod Touch.

Saat ini, inovasi teknologi di smartphone cenderung berdampak negatif, karena smartphone menjadi semakin adiktif. Hal ini bisa berdampak buruk, karena dapat memicu sikap anti-sosial dan tidak peduli terhadap sesuatu yang ada di sekitar mereka.

Apple ingin mematahkan dampak negatif tersebut melalui sistem operasi teranyarnya, yaitu iOS 12. Ada beberapa fitur yang dirancang untuk memangkas waktu di depan layar yang juga memungkinkan orangtua dapat mengontrol anak mereka.

  1. Do Not Disturb

Fitur ini sebaiknya kamu aktifkan sebelum tidur, agar kamu tidak terganggu oleh notifikasi smartphone. Semua notifikasi akan muncul keesokan paginya ketika kamu bangun tidur, karena disesuaikan dengan waktu yang kamu setel sendiri.

  1. Matikan Notifikasi Pada Aplikasi yang Tidak Terpakai

iOS 12 secara berkala akan memberi tahu aplikasi mana saja yang jarang kamu gunakan. Dan Kamu benar-benar bisa mematikan notifikasi pada aplikasi tersebut.

  1. Kelompokkan Notifikasi

Kamu bisa menyatukan notifikasi berdasarkan jenis aplikasinya. Misalnya, notifikasi dari aplikasi chatting dan media sosial. Dengan cara ini, kamu tidak akan merasa sesak dengan notifikasi yang muncul secara bersamaan.

  1. Waktu di Depan Layar

Fitur ini memberikan Kamu ringkasan lengkap atas penggunaan iPhone atau iPad selama satu pekan. Ringkasan tersebut berisi history Kamu menghabiskan waktu di depan smartphone, aplikasi yang sering dibuka, dan aplikasi yang memberikan notifikasi paling banyak.

  1. Batas Waktu Aplikasi

Kamu bisa mematok waktu tertentu untuk menggunakan sebuah aplikasi. Misalnya, kamu membatasi diri hanya 15 menit untuk membuka Instagram.

Ketika kalian menjajalnya selama 10 menit, iPhone atau iPad akan mengeluarkan peringatan “5 menit lagi untuk membuka Instagram hari ini,” dilansir dari BusinessInsider, beberapa waktu lalu.

  1. Pengawasan Orang Tua

Para orang tua juga diberi notifikasi mengenai penggunaan smartphone oleh anak mereka. Orang tua juga bisa mematok waktu bagi anaknya untuk menggunakan smartphone, lalu membatasi akses untuk aplikasi tertentu. (RH)