Mau Performa Smartphone Jadi Ngacir? Ikuti Langkah Sederhananya!

0
664

Ketika Kamu membeli smartphone baru, biasanya smartphone tersebut hanya berjalan mulus selama beberapa bulan saja. Kamu tidak menyadari bahwa smartphone tersebut semakin lambat dan sering mengalami lag.

Semua smartphone mengalami hal yang sama, tergantung pada pemakaian Kamu sendiri. Ternyata, cukup mudah lho untuk membuat smartphone kamu bisa tetap kencang dan seperti baru lagi.

Untuk membuat performa smartphone kamu seperti baru lagi, beberapa tips ini bisa kamu coba untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Penasaran? Langsung saja simak tips berikut ini.

  1. Jangan Terlalu Banyak Mengunduh Aplikasi

Jika kalian terlalu banyak mengunduh aplikasi, maka CPU smartphone kamu akan menjadi panas dan bisa mengalami lag. Lebih baik kamu mengunduh aplikasi yang dibutuhkan saja. Kalau kamu ingin mengunduh banyak aplikasi, ROM dan RAM harus memadai untuk menampungnya.

  1. Selalu Update Software Kamu

Kamu jangan khawatir dengan kalimat ‘update justru bakal bikin smartphone jadi makin berat.’ Biasanya, update tidak membuat smartphone kalian menjadi berat, karena update ini telah disesuaikan dengan jenis smartphone-nya.

  1. Membersihkan Home Screen

Jika kamu menggunakan Android, tentunya kamu akan tergiur dengan banyak opsi di home screen dan widget, karena fitur ini akan mempermudah pemakaian. Jika berlebihan, maka performa smartphone akan menurun. Kamu bisa membuang ikon-ikon-ikon tersebut di layar home screen dan sisakan yang berguna saja.

  1. Menghapus Konten yang Kamu Simpan
HILVERSUM, NETHERLANDS – FEBRUARY 06, 2014: Social media are trending and both business as consumer are using it for information sharing and networking.

Jika Kamu sudah membuang banyak aplikasi namun tetap kekurangan storage, berarti bersih-bersih storage harus dilakukan. Kamu bisa membersihkan gallery, karena gallery banyak memakan storage. Kamu bisa menghapus foto yang sudah lama, lalu backup di PC  atau di sinkronisasi dengan Cloud.

  1. Uninstall Aplikasi

Ketika smartphone kamu masih baru, pastinya kamu rajin memasang berbagai aplikasi. Tidak banyak juga aplikasi yang benar-benar kamu gunakan setiap harinya, kamu bisa membuang aplikasi yang tidak digunakan. Aplikasi yang terpasang biasanya memakan storage smartphone. (RH)