Ini Dia, 3 Cara Ampuh Bebas Penyadapan

0
472

Keamanan saat ini menjadi masalah penting di dunia teknologi. Kasus hack atau penyadapan masih kerap melanda pengguna. Walhasil, Kamu harus ekstra waspada. Bila tidak ingin jadi korbannya.

Penyadapan smartphone adalah pemantauan yang dilakukan dalam sebuah percakapan telepon dan komunikasi via internet. Penyadapan ini dilakukan oleh pihak ketiga atau lawan bicara yang melakukannya secara rahasia.

Agar smartphone tidak disadap, Kamu perlu mengetahui tanda-tanda yang menunjukkan jika smartphone telah disadap. Caranya, silakan praktekkan tiga metode ini!

  1. Cara Mengetahui Smartphone Disadap Melalui Telepon

Kamu harus mengetahui apakah smartphone disadap melalui telepon. Tanda-tanda jika smartphone Kamu disadap melalui telepon adalah:

  • Adanya suara atau bunyi aneh selama panggilan telepon yang bukan berasal dari Kamu atau lawan bicara Kamu.
  • Suara lawan bicara Kamu akan terdengar bergema seperti sedang berada di lorong.
  • Kamu akan beberapa mengalami salah sambung ketika ingin menelepon seseorang, lalu Kamu malah tersambung ke nomor lain.
  1. Cara Mengetahui Smartphone Disadap dengan Aplikasi

Kamu juga harus mengetahui jika orang lain menyadap smartphone dengan menggunakan aplikasi atau software tertentu. Beberapa tanda yang menunjukkan smartphone Kamu tengah disadap, yaitu:

  • Baterai smartphone Kamu jadi lebih boros dari sebelumnya, lalu kuota internet jadi cepat habis padahal tidak banyak digunakan.
  • Smartphone Kamu jadi terasa panas dalam jangka waktu lama saat sedang berada dalam kondisi stand by.
  1. Cara Mengetahui Smartphone Disadap dengan Kode Rahasia

Jika Kamu tidak menemukan tanda-tanda di atas, bukan berarti smartphone bebas dari penyadapan lho! Kamu sebaiknya melakukan pengecekan dengan menggunakan kode rahasia.

 

Ternyata, ada beberapa kode khusus yang dibuat untuk pengguna smartphone agar dapat mengetahui apakah sedang disadap atau tidak.

Beberapa kode seperti *#21 atau ##002 bisa membantu Kamu untuk mengecek dan memberitahu jika smartphone Kamu sedang disadap atau tidak. (RH)