Wow! Buka Pintu Rumah Bisa Menggunakan iPhone?

0
545

Lagi-lagi Apple dikabarkan akan melakukan pembaruan perangkat NFC (near-field communication) di iPhone yang dilengkapi dengan chip.

Apple akan memungkinkan iPhone untuk membuka pintu rumah bahkan pintu mobil sekaligus hanya dengan menggunakan NFC. Dibandingkan harus menggunakan smart lock atau Bluetooth, pilihan menggunakan NFC akan lebih aman.

Sebelumnya, chip NFC sebagian besar hanya digunakan untuk melakukan pembayaran menggunakan fitur Apple Pay.

Dilansir dari Engadget, pegawai Apple sudah memiliki akses ke fitur-fitur baru melalui iPhone miliknya. Tampaknya, mereka juga sudah menggunakan smartphonenya untuk mengakses kantor dan gedung markas besar Apple di Cupertino, Amerika Serikat.

Dikabarkan fitur baru NFC akan diumumkan bulan depan ke para pengguna iPhone. Perubahan ini diharapkan akan mempermudah pengguna iPhone di berbagai kegiatan yang melibatkan sistem keamanan digital, mulai dari membayar tarif transit, dan membuka pintu mobil.

Apple dilaporkan telah berbicara dengan pembuat kartu transit Cubic selama bertahun-tahun. Kamu bisa menggunakan Apple Mobile Payment Solution untuk membayar ongkos di tempat-tempang seperti London, Jepang, dan beberapa kota lain di AS.

Akan tetapi, bekerja sama dengan Cubic akan membuat iPhone ekstra kerja keras untuk bertindak sebagai kartu transit untuk puluhan juta orang di seluruh dunia.

Selain itu, ada sumber lain mengatakan bahwa Apple juga bekerja sama dengan HID Global, dimana perusahaan tersebut membuat sistem keamanannya. Sehingga memberikan iPhone kemampuan mendapatkan akses ke gedung sejak 2014.

Fitur ini akan diluncurkan berbarengan dengan peluncuran iOS 12 mendatang. Apple akan mengumumkannya pada 4 Juni mendatang di Worldwide Developers Conference 2018 (WWDC). (RH)